Ini Dia Rujak di Gresik Paling Tua dan yang Porsinya Parah, Kamu Pilih yang Mana!

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Mendengar kata rujak, pasti kalian membayangkan potongan buah segar kemudian dibalur dengan bumbu kacang, gula merah, dan petis. Tapi, pernahkah kalian membayangkan bagaimana rasanya mencicipi rujak tertua yang ada di Gresik, Jawa Timur. 

Rujak Bu Is Gresik ternyata sangat legendaris karena telah berjualan kurang lebih 40 tahun. Pelanggannya pasti sudah tahu donk, rujak Bu Is dapat ditemukan di Jl Abdul Karim Sebelahnya Kelurahan Trate Kabupaten Gresik. Bu Is biasanya membuka lapak mulai pukul 09.00 sampai 15.00 Wib.

Dikutip dari Chanel Youtube Yusuf Farda, bahwa dulunya Bu Is berjualan rujak dari mendorong gerobak sampai rujaknya ditandu di kepalanya. Berjalannya waktu, sekarang Bu Is menetap di sebuah lapak dan pelanggannya tetap banyak karena harganya cuma Rp10.000 per porsinya. Soal rasanya dijamin enak karena bumbu dan cabainya terasanya banget, dan satu lagi tidak enek. 

Baca juga : - Ragam Dialek Warga Gresik yang Diapit Dialek Suroboyoan, Jawa Timuran dan Kulonan

Selain rujak tertua, di Gresik juga ada salah rujak favorit masyarakat sehingga tidak salah kalau dikatakan terlaris. Porsinya parah dan bisa buat makan sekeluarga.  Rujak cingur super komplit & mie ayam safood pawon Bu Sri, kalian dapat menemukannya. 

Dengan konsep rumahan serasa bintang 5, rujak Bu Sri porsinya jumbo dengan harga yang tidak bikin kantong bolong. Kalian dapat datang langsung ke pawonnya di Jl Serayu No 44 Randu Agung. Satu porsi rujaknya Bu Sri dibandrol dari harga Rp10.000 sampai Rp22.000, dan buka mulai pukul 09.00 sampai 16.00 Wib. 

Selain dua rujak di atas, blokTuban.com telah merangkum beberapa rujak di Kabupaten Gresik yang rekomendet disantap bareng keluarga atau orangaa tercinta:

1. Warung Rujak Cingur Mak Aupang

Rujak cingur satu ini berada di Jl. Kh. Kholil No.46, Pekelingan, Kebungson, Kecamatan/Kabupaten Gresik. Pecinta rujak dapat menikmati di tempat dan bisa membawanya pulang untuk disantap bareng keluarga. Bagi yang ingin memesannya secara online dapat ke nomor 0812-3123-2444.

Pengunjung yang pernah mampir merasakan puas, karena selain lokasinya yang nyaman, rasa dan harganya juga tidak membuat kecewa. Satu porsi rujak cingur ini dibandrol harga Rp15.00 per porsi. 

2. Rujak Cingur Olivia 

Pecinta rujak dapat menemukan rujak ini di Gending, Sidomoro, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Rujak Cingur Olivia biasanya buka mulai pagi dan tutup jam 15.00 Wib. Pengunjung tak perlu kebersihan tempatnya, meskipun berada di Jalan Raya menuju Gresik. 

Bagi pembeli yang makan di tempat, ada dua pilihan lokasi di dalam warung atau di taman belakang warung. Perpaduan cingur dan bumbu yang kuat, membuat rujak ini selalu ramai. Satu porsi rujak ini Rp18.000 dan minumannya ada legen dan jamu bagi yang menyukainya. 

3. Rujak Cingur Mbok Duro 

Berikutnya rujak enak di Gresik berada di Jl. KH. Abdul Karim, Trate, Pekelingan, Kecamatan/Kabupaten Gresik. Rujak ini banyak yang mengatakan enak, dan tutup sekitar pukul 16.00 Wib. 

4. Rujak Madura Buk Jum

Warga di Jl. Panglima Sudirman No.37, Sumberrejo, Pulopancikan, Kecamatan/Kabupaten Gresik tentunya sudah tidak asing dengan rujak Madura Buk Jum. Pembeli dapat makan di tempat, membawanya pulang, maupun bisa memesan online melalui nomor 0812-3345-9336.

Rasanya rujak ini sedap dengan bumbunya yang kental. Selamat mencoba ya!.

5. Rujak Cingur Bu Endang

Masih seputar rujak cingur, satu ini lokasinya di Randuagung, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Warung rujak yang tutup pukul 17.00 Wib ini dapat dinikmati di tempat dan bisa juga dibawa pulang.

6. Rujak Mbak Yah

Yang melewati Jl. Raya Sukomulyo No.09 Rw 02, Maduran, Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik jangan lupa mencicipi rujaknya Mba Yah ya. Harganya seporsinya cuma Rp10.000 tapi rasanya mantul. Karena ramai pembelinya, warung rujak ini tutup sekitar pukul 14.00 Wib.

7. Rujak Khas Bawean Mak As

Rujak yang ini berada di Jl. Panglima Sudirman, Kramatandap, Gapurosukolilo, Kecamatan/Kabupaten Gresik. Bagi yang ingin memesan rujak enak di Gresik ini dapat menghubungi nomor 0821-3978-7437.

Rasanya mantab rujaknya dan ada menu lainnya seperti, bakso ikan Tuna, Koncok-koncok/ Bonggolan, es dawet gula aren, dan es cao. 

Itulah tujuh rujak di Gresik yang direkomendasikan untuk sobat blokers yang sedang mampir di Gresik. Selamat mencicipi!. [Ali]

Temukan konten Berita Gresik menarik lainnya di GOOGLE NEWS