700 dari 1.324 Koperasi di Tuban Dinyatakan Sakit

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Tuban, Agus Wijaya menjelaskan, ada 1.324 koperasi yang terdaftar. Kendati demikian, lebih dari 700 koperasi dinyatakan tidak sehat atau sakit. 

“Tidak sehat dan perlu pembinaan. Kami saat ini sudah melakukan pembinaan kepada 100 koperasi dan akan terus ditambah,” kata Agus.

Agus juga mengungkapkan, event Gelar Kreasi Pemuda Koperasi (Galaksi) akan menjadi event tahunan disetiap perayaan hari koperasi, agar nantinya bisa tumbuh regenerasi baru SDM koperasi yang berkualitas. 

Terkait : 23 Korban Dugaan Investasi Bodong Laporkan Koperasi ke Polres Tuban, Total Kerugian Rp356 Juta

Galaksi yang digelar di Lapangan Watu Gajah, Desa Bejagung, Kecamatan Semanding juga dihadiri Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky. Di kesempatan itu, Bupati engajak Generasi Z turut andil dalam membangun Kabupaten Tuban. Mas Lindra mengungkapkan kebanggaannya pada generasi Z atau biasa disebut Gen Z yang berani mengeluarkan aspirasi mereka melalui video. Menurutnya, generasi muda Tuban telah peka terhadap isu-isu terkini.  

“Kami bangga adek-adek berani bersuara. Lewat video yang diputar tadi, saya dan Pak Agus berinisiatif untuk lebih melibatkan generasi Z dalam upaya membangun tuban,” terangnya.

Menurut Bupati, di era digitalisasi dan modernisasi yang telah akrab dengan Gen Z, dapat menjadi modal besar dalam upaya pembangunan daerah. Berbagai lini masalah baik pendidikan, sosial, budaya, hingga ekonomi yang bisa mereka diskusikan bersama untuk menciptakan suatu solusi.

Terkait : Punya Laba Rp3 Juta per Bulannya, Ini Cara Kerja Koperasi Petani Greenbelt Tuban

Sangat relevan dengan tema HUT Koperasi ke- 75 yaitu Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan, Bupati menilai koperasi membutuhkan pembaharuan. Koperasi dituntut untuk membuat digitalisasi. 

Untuk itu, melibatkan generasi muda atau Generasi Z akan bisa menciptakan inovasi baru, sehingga koperasi sebagai Soko Guru perekonomian dapat terwujud. 

“Pemerintah harus bisa masuk kesegala lini, termasuk anak muda atau Gen Z ini. Mereka memiliki potensi besar, kita beri wadah. Saya akan libatkan mereka lebih intens,” katanya.

Terkait : AMSI Diharapkan Jadi Bagian Momentum Kebangkitan Koperasi dan UMKM di Dunia Digital

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-75 tahun 2022 diikuti 23 lembaga sekolah SMA/ SMK/ dan MA mengikuti acara tersebut. Lebih dari 150 orang siswa-siswi menjadi peserta dalam rangkaian acara mulai dari tapak kemah, lomba edit video harapan “Know Tuban”, joget kompak, hingga pameran produk kreatif siswa.

Dalam acara pembukaan, Bupati Tuban hadir bersama pimpinan OPD terkait, pimpinan Bank Jatim, Dekopinda, Camat, Forkopimka dan Kepala Desa Kec. Semanding dan perwakilan Koperasi di Tuban. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS