Kurikulum Merdeka Akan Diterapkan Tahun Ajaran 2022/2023 Secara Nasional

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan menerapkan Kurikulum Merdeka secara nasional mulai tahun ini. Pemberlakukan kurikulum ini berdasarkan Surat Edaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek Nomor:2774/111-11/KR.00.01/2022 tertanggal 28 Juni 2022 tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Pada Tahun Ajaran 2022/2023.

Berdasarkan surat edaran yang ditandatangani Kepala BSKAP Kemendikbudristek Anindito Aditomo, Implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri pada tahun ajaran 2022/2023 dimulai dari usia 5 – 6 tahun bagi PAUD, kelas I dan IV bagi SD. Serta kelas VII bagi SMP dan kelas X bagi SMA/ SMK.

Berita terkait: Hore!...SIG Ghopo Tuban Buka Kembali Kunjungan Industri Pelajar dan Mahasiswa

Menurutnya, prinsip dasar dari implementasi kurikulum merdeka ini memberikan kebebasan sepenuhnya sekolah terkait mengatur proses pembelajaran. Terdapat tiga kategori implementasi yaitu kategori mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagi. Mandiri di sini artinya dari jam belajar dan materi oleh guru disesuaikan kebutuhan guru dan siswa. 

Berita terkait: SDN Purwotengah Mojokerto, Tempat Bung Karno Mengenyam Pendidikan Dasar Semasa Kecil

Disebutkan tiga karakteristik utama dari Kurikulum Merdeka antara lain, pertama pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. Kedua fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. Ketiga fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Berita terkait: Ajang Santri Belajar Leadership, KMI ASSALAM Helat Haflah Akhirussanah Akbar 2022

Kurikulum Merdeka berbeda dengan Kurikulum 2013 sebelumnya. Pada Kurikulum Merdeka berpedoman pancasila. Artinya selama mengikuti proses pembelajaran, peserta didik berkesempatan mengeksplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan, serta menguatkan pengembangan enam dimensi profil pelajar pancasila. Untuk detail perbedaan dua kurikulum tersebut kunjungi link berikut:  https://kurikulum.kemdikbud.go.id/perbandingan-kurikulum/.  [dwi]

Nikmati konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS