10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |   16:30 . Bejat! Dua Orang Kakek di Tuban Tega Setubuhi Bocah SD Hingga 9 Kali   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kurikulum Merdeka Akan Diterapkan Tahun Ajaran 2022/2023 Secara Nasional

bloktuban.com | Wednesday, 29 June 2022 22:00

Kurikulum Merdeka Akan Diterapkan Tahun Ajaran 2022/2023 Secara Nasional Capture implementasi kurikukum merdeka dimulai tahun ajaran 2022/2023 secara nasional.

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan menerapkan Kurikulum Merdeka secara nasional mulai tahun ini. Pemberlakukan kurikulum ini berdasarkan Surat Edaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek Nomor:2774/111-11/KR.00.01/2022 tertanggal 28 Juni 2022 tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Pada Tahun Ajaran 2022/2023.

Berdasarkan surat edaran yang ditandatangani Kepala BSKAP Kemendikbudristek Anindito Aditomo, Implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri pada tahun ajaran 2022/2023 dimulai dari usia 5 – 6 tahun bagi PAUD, kelas I dan IV bagi SD. Serta kelas VII bagi SMP dan kelas X bagi SMA/ SMK.

Berita terkait: Hore!...SIG Ghopo Tuban Buka Kembali Kunjungan Industri Pelajar dan Mahasiswa

Menurutnya, prinsip dasar dari implementasi kurikulum merdeka ini memberikan kebebasan sepenuhnya sekolah terkait mengatur proses pembelajaran. Terdapat tiga kategori implementasi yaitu kategori mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagi. Mandiri di sini artinya dari jam belajar dan materi oleh guru disesuaikan kebutuhan guru dan siswa. 

Berita terkait: SDN Purwotengah Mojokerto, Tempat Bung Karno Mengenyam Pendidikan Dasar Semasa Kecil

Disebutkan tiga karakteristik utama dari Kurikulum Merdeka antara lain, pertama pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. Kedua fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. Ketiga fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Berita terkait: Ajang Santri Belajar Leadership, KMI ASSALAM Helat Haflah Akhirussanah Akbar 2022

Kurikulum Merdeka berbeda dengan Kurikulum 2013 sebelumnya. Pada Kurikulum Merdeka berpedoman pancasila. Artinya selama mengikuti proses pembelajaran, peserta didik berkesempatan mengeksplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan, serta menguatkan pengembangan enam dimensi profil pelajar pancasila. Untuk detail perbedaan dua kurikulum tersebut kunjungi link berikut:  https://kurikulum.kemdikbud.go.id/perbandingan-kurikulum/.  [dwi]

Nikmati konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

Tag : kurikulum merdeka, kurikulum merdeka diterapkan 2022/2033, kemendikbudristek, berita tuban, bloktuban, kurikulum pendidikan nasional



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat