23:00 . 8 Khasiat Air Kelapa Wulung Muda Tuban yang Harganya Lebih Mahal dari Kelapa Ijo   |   22:00 . Polisi Tandai 2 Lokasi Balap Liar di Tuban, Patroli Spontan akan Digalakkan   |   21:00 . Bappeda Tuban Prediksi Reaktitasi Jalur Kereta Api Lebih Dulu Dibanding Tol Demak-Tuban   |   20:30 . Posko Penyekatan Hewan Ternak di Perbatasan Tuban-Rembang   |   20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Cocok Untuk Lauk Makan, Begini Cara Mudah Membuat Abon Dari Ikan Asap

bloktuban.com | Saturday, 18 June 2022 19:00

Cocok Untuk Lauk Makan, Begini Cara  Mudah Membuat Abon Dari Ikan Asap Abon ikan asap produksi asli Tuban. (Sav/blokTuban.com)

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan yang banyak digemari oleh masyarakat. Selain rasanya yang nikmat, tekstur dari daging ikan tongkol sendiri cenderung empuk dan padat. 

Selain itu, jenis ikan satu ini juga sangat baik dikonsumsi manusia karena mengandung banyak gizi seperti protein, lemak, energi, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, natium, kalium, seng, niacin ataupun selenium yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Olahan abon yang terbuat dari daging ikan tongkol asap sendiri, rupanya juga tak kalah enak jika disandingkan dengan abon yang berbahan dasar ayam ataupun daging sapi pada umumnya.

Salah seorang pengusaha Abon Ikan Asap di Kabupaten Tuban, Dewi Purwanti mengungkapkan jika untuk membuat abon dari bahan ikan tidaklah sulit, sehingga membutuhkan waktu yang cukup singkat, yaitu sekitar tiga jam lamanya dalam sekali produksi. 

“Saya murni pakai ikan tongkol asap, proses pembuatannya tergantung kapasitasnya. Kalau hanya dua kilogram, kurang lebih tiga jam sampai abon benar-benar kering,” ungkapnya kepada blokTuban.com saat dimintai keterangan, Sabtu (18/6/2022). 

Ada beberapa bahan yang harus disiapkan dalam pembuatan abon ini, seperti daging ikan tongkol, garam, gula, bawang merah, bawang putih dan bahan-bahan lainnya. Sedangkan langkah pertama yang harus dilakukan ialah memisahkan daging ikan tongkol asap durinya. 

Setelah semua duri sudah hilang, maka langkah selanjutnya adalah menghaluskan daging ikan tongkol tersebut. Barulah kemudian menghaluskan semua bumbu yang telah disiapkan sebelumnya. 

“Daging tongkol dipisahkan dari durinya lalu dihaluskan, setelah itu digoreng dan dicampur dengan bumbu yang sudah dihaluskan,” beber perempuan berusia 29 tahun tersebut. 

Dalam proses penggorengan ini, wanita yang tinggal di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding ini mengatakan jika membutuhkan waktu kurang lebih selama 1 hingga 2 jam, barulah abon bisa ditiriskan dan dipilah duri ikan yang masih menempel pada daging ikan. 

Lebih lanjut, Dewi sapaan akrabnya menambahkan jika proses pembuatan dua kilogram abon ikan asap  membutuhkan waktu setidaknya tiga jam sampai abon benar-benar kering dan siap untuk dikemas. 

“Tunggu sampai benar-benar kering, setelah itu ditiriskan, dipilah durinya lalu ditimbang dan dikemas. Kalau pakai mesin sekali produksi kapasitasnya bisa langsung banyak, sekarang (sehari produksi) 15 sampai 20 pcs abon,” terangnya. 

Perlu diketahui, kendati tidak menggunakan bahan pengawet, namun abon ikan asap buatan Dewi ini bisa bertahan hingga tiga bulan lamanya. [Sav/Dwi]

Tag : abon, ikan asap, abon ikan asap, tuban, kabupaten tuban, bloktuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat