17:00 . Hibah Keagamaan Tuban 2022 Totalnya Rp4,75 Milyar, Insentif Ribuan Guru TPQ Telah Ditransfer   |   16:00 . KPU Jatim: Regulasi, Teknologi dan Kepemiluan Harus Dikuasai Seluruh Devisi KPU   |   15:00 . Makam Sakral di Desa Pakis Tuban Konon Mertua Ronggolawe   |   14:00 . Pemotor Tewas di Jalan Pantura Tuban Usai Menabrak Truk Parkir   |   13:00 . Persatu Tuban Diperkuat 13 Pemain Lokal, Pelatih Medy : Masih Kurang 12 Pemain Lagi   |   12:00 . Ini Rute Menuju Bukit Lei Tuban, Lokasi Liga Paralayang Jatim Seri 2   |   10:00 . Gubernur Khofifah dan Bupati Lindra Apresiasi Pasar Murah Ika Unair Tuban   |   09:00 . Harga Cabai dan Bawang Merah Tuban Anjlok, Sayur Mayur Merangkak Naik   |   08:00 . Sinopsis dan Deretan Artis di Film Horor Jailangkung Sandekala   |   07:00 . Ikuti Laga Persahabatan Trofeo Tuban, Cara TPPI FC Jaga Kebugaran Karyawan   |   06:00 . Prediksi Cuaca Tuban 26 September 2022: Sebagian Berawan   |   05:00 . Pengunjung Main Sepuasanya dengan Ikan Mas di Wisata Pelang Tuban   |   16:00 . Kondisi Akses Jalan di Desa Patihan Tuban Dikeluhkan Warga   |   15:00 . Kalpataru, Peninggalan Sunan Bonang Tuban Mengandung Pesan Kedamaian   |   14:00 . Enam Museum Indonesia Pamerkan Benda Bersejarah di Tuban   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Juara 1 Lomba Bertutur Online

Delyncia Tandang ke Gunung Galang Widang dan Temui Penulis Cerita Kijang

bloktuban.com | Thursday, 09 June 2022 07:00

Delyncia Tandang ke Gunung Galang Widang dan Temui Penulis Cerita Kijang Delyncia Allegra didampingi guru pembimbing lomba bertutur online tahun 2022. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Siswi SDN Socorejo, Kecamatan Jenu bernama Delyncia Allegra berhasil mejadi juara bertutur jenjang SD/MI se-Kabupaten Tuban tahun 2022. Dalam kesempatan tersebut Delyncia membawakan dongeng cerita rakyat Tuban yang berjudul Kisah Kijang dan Gunung Galang.

Siswi yang duduk dibangku kelas 3 tersebut, berhasil menjadi yang terbaik dan mengalahkan 47 peserta lain dari berbagai sekolah di Kabupaten Tuban dengan perolehan total nilai sebesar 2.620.

Menurutnya, mendongeng merupakan salah satu kegiatan yang paling digemarinya, sehingga pada saat ia mendengar ada perlombaan bertutur, ia sangat berantusias untuk mengikutinya. Dengan melakukan berbagai persiapan, mulai dari latihan vokal, mimik wajah, maupun intonasi dalam bercerita. 

“Senang banget, senang pokonya nggak nyangka bisa menag karena banyak yang lebih besar-besar. Memang sudah dipersiapkan sekitar satu bulan, dari kecil memang suka cerita,” katanya kepada blokTuban.com saat ditemui seusai kegiatan, Rabu (8/6).

Baca Juga : Bawakan Cerita Kijang dan Gunung Galang, Siswi SDN Socorejo Raih Juara 1 Lomba Bertutur Online

Berkat usaha dan kerja kerasnya itulah, Delyncia berhasil membawakan cerita kisah kijang dan gunung galang dengan sangat apik dan membuat para pendengar hanyut dalam cerita tersebut. tidak hanya pandai memainkan gerakan tubuh dan mimik wajah saja, ia juga berhasil membawakan intonasi suara dengan sangat indah. 

Tidak hanya cukup dengan membaca dan latihan saja, bahkan sebelum menyabet juara satu lomba bertutur ini, anak berusia 9 tahun ini juga melakukan perjalanan bersama orangtuanya, dengan bertandang lansung ke Gunung Galang yang ada dicerita tersebut. Dalam perjalanan itulah ia berhasil menemui langsung penulis asli dari cerita yang dibawakannya itu. 

“Tertarik dengan isi ceritanya dan datang ke Widang, ingin tahu lokasinya apa benar seperti itu yang diceritakan dan ternyata memang benar. Banyak sekali yang didapatkan, terus bisa bertemu langsung dengan penulisnya,” jelasnya.

Dalam melakoni berbagai persiapan ini, anak kedua dari dua bersaudara ini mengaku tidak mengalami kesulitan karena dikerjakan dengan sangat enjoy, sebab bercerita merupakan salah satu hal yang digemarinya. 

Tidak hanya berhasil menjadi juara di lomba bertutur dan akan mewakili Kabupaten Tuban ditingkat Provinsi saja. Sebelumnya, Delyncia juga pernah memperoleh beberapa penghargaan dalam perlombaan puisi tingkat Kabupaten. 

“Sebelumnya pernah dapat juara puisi Kabupaten Tuban, dua kali waktu masih TK sama sekarang,” tutupnya. [Sav/Ali]

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, berita Tuban, cerita rakyat, Cerita Gunung Galang, Ceroita Kijang di Widang, SDN Socorejo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat