Ratusan Pengunjung Pasar Baru Tuban dihibur dengan Atraksi Reog Ponorogo

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Puluhan anggota seniman Reog Ponorogo Brandal Loko Joyo pada Selasa (31/5/2022) siang, mengibur sejumlah masyarakat yang berada di Pasar Baru Tuban dengan menggelar pertunjukan di pelataran pasar. 

Kedatangan para seniman Reog itu sendiri sebagai tontonan gratis bagi masyarakat. Sekaligus memeriahkan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat yang diadakan oleh Pemkab Tuban. 

Baca berita terkait: Puncak BBGRM XIX, Ratusan Orang Berebut Gunungan Hasil Bumi di Pasar Baru Tuban

Dari pantauan blokTuban di lokasi, nampak ratusan pengunjung Pasar Baru Tuban berpartisipasi dalam melihat pertunjukan reog tersebut. Bahkan, rela berdesak-desakan satu sama lainnya agar dapat menonton atraksi yang berdurasi hingga dua jam itu. 

Salah seorang penonton, Nila yang berasal dari Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding mengungkapkan jika sengaja datang ke Pasar Baru bersama dengan ibunya hanya untuk melihat atraksi menohok yang dilakukan oleh para seniman Reog Ponorogo asal Tuban tersebut. 

"Bukan habis dari pasar, memang mau ke sini diajak sama ibu buat lihat reog ini. Habis ambil uang di bank langsung ke sini," terangnya saat dimintai keterangan oleh blokTuban.com. 

Menurutnya, sudah lama dirinya tidak melihat pertunjukan-pertunjukan semacam ini sejak Pandemi Covid-19 masuk ke Bumi Wali, sehingga adanya tontonan gratis ini membuatnya sangat bersemangat dalam berpartisipasi.

Bahkan, perempuan berhijab ini rela datang lebih awal agar dapat melihat pertunjukan dibarisan paling depan, sehingga bisa melihat atraksi dengan tenang tanpa berdesakan. Kendati hal tersebut, lanjutnya tidak sesuai dengan ekspektasinya.

"Sangat senang karena memang sudah lama tidak ada pertunjukan. Sudah ke sini sebelum jam 8 niatnya biar bisa nonton di urutan paling depan, la kok banyak yang nyerobot ternyata," katanya. 

Senada dengan Nila, Rumiyati juga mengungkapkan jika sangat terhibur dengan tontonan gratis tersebut, sehingga ia berharap bahwa kegiatan-kegiatan semacam ini bisa terus dilakukan, karena sangat menghibur masyarakat sekitar. 

"Ya sangat menghibur, walaupun agak takut waktu ada yang kesurupan. Semoga saja nanti bisa diadakan hiburan-hiburan gratis lagi buat kita," imbuhnya. [Sav/Ali]