23:00 . Inilah Alasan Dalang Kuat Duduk Berjam-Jam Tanpa Buang Air   |   22:00 . Thak-Thakan dan Ongkek Resmi Jadi Kekayaan Kesenian Budaya Milik Tuban   |   21:00 . Kecanggihan Teknologi, Disdukcapil Tuban: Semua Identitas Kependudukan Cukup Diakses dengan Smartphone   |   20:00 . Mendalang Sejak Kecil, Pria di Tuban Tekuni Juga Tekuni Seni Pembuatan Wayang Kulit   |   19:00 . Angka Stunting Tuban 21,5 Persen, Dinkes Minta Persalinan Ditangani Nakes   |   18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |  
Sat, 28 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ini Beda Lelah Fatigue dan Lelah Capek Secara Medis

bloktuban.com | Monday, 30 May 2022 08:00

Ini Beda Lelah Fatigue dan Lelah Capek Secara Medis Ilustrasi lelah (suara.com)

Reporter: - 

blokTuban.com - Kita mungkin sering mendengar kata fatigue (kelelahan) dan merujuk pada kondisi super lelah, yang seolah-olah memiliki arti yang sama dengan tired atau capek. Namun ternyata secara medis, dua kata itu memiliki arti yang berbeda.

Capek atau tired adalah sesuatu yang kita rasakan setelah aktivitas yang panjang atau sibuk. Namun fatigue adalah kondisi saat tidur panjang bahkan tidak cukup untuk membuat tubuh kembali segar.

Capek atau capai bisa terjadi pada semua orang dan itu adalah sinyal tubuh untuk beristirahat dan menutup hari. Sementara fatigue adalah perasaan tidak biasa dan orang yang menderita fatigue akan merasa kekurangan energi setiap hari.

Fatigue dapat terjadi karena penyakit tertentu, kurang atau terlalu banyak tidur, kelebihan berat badan, kurang olahraga, bahkan depresi. Fatigue juga merupakan salah satu gejala umum yang dikeluhkan oleh para survivor Covid-19.

Seseorang mungkin juga menderita sindrom kelelahan kronis atau ensefalomielitis myalgic jika fatigue dialami dalam waktu yang sangat lama.

"Ensefalomielitis myalgic atau sindrom kelelahan kronis atau ME/CFS, adalah kondisi jangka panjang di mana seseorang akan mengalami berbagai gejala," kata Dr Vikrant Shah, dokter spesialis penyakit intensif dan infeksi, di Zen Multispeciality Hospital Chembur.

"Yang paling umum adalah sangat lelah. Tanda bahaya lainnya adalah sulit melakukan pekerjaan sehari-hari dengan mudah, merasa lelah bahkan setelah tidur, membutuhkan waktu lama untuk pulih setelah aktivitas fisik, sering terbangun dari tidur di malam hari, dan masalah kognitif seperti kurang konsentrasi, ketidakmampuan untuk berpikir atau mengingat sesuatu, sakit kepala, nyeri otot, detak jantung tidak teratur dan merasa pusing," tambah Dr Shah menjelaskan gejala sindrom kelelahan kronis.

Dikutip dari Hindustan Times, berikut perbedaan capek atau tired dan lelah fatigue.

Pertama, fatigue adalah perasaan lelah atau lemah yang terus-menerus dan bisa berupa kelelahan fisik, mental, atau kombinasi keduanya. Mereka yang mengalami fatigue akan memiliki sedikit energi daripada biasanya.

Kedua, capek atau tired adalah kejadian normal, tetapi jika terus berlanjut, mungkin ada masalah medis yang mendasarinya.

Ketiga, kelelahan fatigue tidak sama dengan capek atau juga merasa kewalahan. Fatigue merupakan penanda bahwa tubuh tidak mampu mengimbangi rasa lelah.

Keempat, orang yang capek cenderung masih memiliki energi tetapi sedang merasa tidak sabar dan mengalami kelemahan otot yang dapat diatasi dengan istirahat.

Kelima, orang yang mengalami fatigue memiliki stamina rendah, sulit tidur dan sensitif terhadap cahaya. Jika Anda menderita kelelahan kronis, Anda harus mendapatkan diagnosis yang tepat dan mencari tahu penyebab yang mendasarinya.

*Sumber: suara.com

Tag : kelelahan, fatigue



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat