19:00 . Wasit Keluarkan 2 Kartu Merah, Tim Salafiyah Kholidiyah Plumpang Lolos FInal   |   18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ladang Pertanian di Pesisir Tuban Mendadak Jadi Danau, BMKG Turun ke Lokasi

bloktuban.com | Friday, 20 May 2022 13:00

Ladang Pertanian di Pesisir Tuban Mendadak Jadi Danau, BMKG Turun ke Lokasi Warga Desa Tasikharjo menunjukkan lokasi tanah ambles. (Foto:Ali/blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Fenomena tanah amblas atau sink hole terjadi di Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu. Orang yang pertama kali melihatnya adalah Rasi seorang penggembala sapi, Kamis (19/5) siang. Untuk mengetahui secara detail, tim BMKG Tuban akhirnya turun ke lokasi tanah ambles itu.

"Tau-tau ada kubangan besar seperti danau di lahan yang biasa untuk menggembala sapi," ujar Rasi. 

Karena kaget melihat fenomena aneh dan baru pertama dilihatnya itu, akhirnya ia melaporkannya ke desa. Untuk menghindari korban, petugas kepolisian sektor Jenu akhirnya memasang garis polisi. 

“Korban jiwa nihil. Tanah ambles ini dengan diameter kurang lebih 30 meter dan kedalaman air 1,5 meter,” ungkap Kapolres Jenu AKP Gunawan Wibisono.

AKP Gunawan menambahkan, bahwa informasi dari warga setempat sebelumnya ladang pertanian tersebut biasa saja. Tidak ada tanda-tanda tanah turun, akan tetapi mendadak ambles hingga turun 1,5 meter. 

Bersama dengan Forkopimka dan kepala desa setempat, Kapolsek Jenu langsung datang ke lokasi kejadian untuk melakukan pengecekan. Termasuk, petugas juga memasang garis polisi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan atau warga terperosok ke lubang tersebut.

“Kita sudah memasang Police Line untuk mencegah adanya warga yang datang dan berkerumun melihat fenomena alam tersebut, yang dikhawatirkan struktur tanah yang di sekitar lokasi bergerak dan membahayakan warga yang melihat,” beber AKP Gunawan.

Keberadaan tanah yang ambles ini lokasinya dekat dengan laut. Sehingga, penyebabnya dimungkinkan adanya tanah pada bagian bawah terdapat goa - goa yang akhirnya tidak bisa menahan tanah. Kemudian mengalami kerusakan dan menjadi longsor ambles ke bawah.

“Lahan ini milik H Sutomo (45), salah satu warga Desa Remen, Kecamatan Jenu,” tambah mantan Kapolsek Bangilan itu. 

Kapolsek Jenu juga menerangkan kerawanan di lokasi kejadian. Diantaranya, di sekitar lokasi masih banyak semak-semak dan rerumputan sehingga berpotensi menyebabkan orang terperosok ketika hendak mencari rumput atau menggembala ternaknya.

“Kalau warga tidak tahu kondisi ini, dikhawatirkan terjebak dan masuk ke lokasi tanah ambles ini. Kondisi kerawanan yang lain adalah potensi longsor susulan di sekitar lokasi,” terangnya. 

Adapun pihak BMKG masih mengumpulkan sejumlah data di lapangan untuk dianalisa. Untuk penyebab pasti fenomena tanah ambles tersebut, masih diselidiki. [Ali]

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, tanah ambles, danau, ladang pertanian, pesisir Tuban, Desa Tasikharjo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat