12:00 . Ukuran Bank Dunia, Ketimpangan Penduduk Tuban Rendah   |   11:00 . Ekonomi Tuban 2021 Naik 3,00 persen, Ini Penyebabnya   |   10:00 . Data Imunisasi Anak akan Tersimpan di Aplikasi PeduliLindungi   |   09:00 . Tak Layak untuk Ibadah dan Mengaji, Musala Al Ikhlas Desa Kaligede Akhirnya Direhab Satgas TMMD   |   19:00 . Halal Bihalal di Tuban, Sekum PP Muhammadiyah : Penyakit PMK Jangan Dianggap Remeh   |   17:00 . Gerindra Tuban Tancap Gas, Siap Antarkan Prabowo Subianto ke RI-1   |   16:00 . Libur Akhir Pekan, Yuk Intip Keseruan Anak-anak Bermain Air di Pantai Pasir Putih   |   14:00 . Pantai Semilir Tuban Punya Wahana Baru Banana Boat, Segini Tarifnya   |   13:00 . Ratusan Karya Seni Rupa Siswa Tuban Dipamerkan di Wisata Pantai Kelapa   |   12:00 . Jokowi Tegaskan Perang Tak Untungkan Siapapun, Mendag Fokus Pemulihan Ekonomi ASEAN   |   11:00 . Siap-siap! Vendor SIG Tuban yang Abaikan K3 Terima Skorsing   |   10:00 . Sepenggal Kisah Sumur Gemuling dan Lingga Yoni di Masjid Al-Falah Tuban   |   09:00 . Raden Santri, Kerabat Sunan Muria di Desa Cangkring   |   08:00 . Mendag Lutfi: Penguatan ASEAN Kunci Pertumbuhan Ekonomi Kawasan   |   16:00 . Jangan Takut Cepat Pudar, Begini Cara Mencuci Pakaian Hitam Agar Tetap Pekat dan Terlihat Baru   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ini yang Harus Dilakukan untuk Sambut Bonus Demografi

bloktuban.com | Tuesday, 10 May 2022 12:00

Ini yang Harus Dilakukan untuk Sambut Bonus Demografi

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Bonus demografi adalah potensi pertumbuhan ekonomi yang tercipta akibat perubahan struktur umur penduduk. Saat itu. proporsi usia kerja lebih besar dibanding proporsi bukan usia kerja. 

Indonesia akan mengalami bonus demografi pada tahun 2030 hingga 2045. Namun kondisi tersebut bisa menjadi pedang bermata dua. Selain dapat menjadi berkah, jika tidak terdidik dengan baik justru akan menjadi masalah. 

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Tuban, Ahmad Munir, saat memberikan pengarahan dan pembinaan di hadapan Tim Anugerah Madrasah Inovasi (AMI), Selasa (10/05/2022).

"Sekarang kita tengah menuju era bonus demografi, di mana usia anak produktif sangat banyak, kalau tidak dipersiapkan dari sekarang madrasah akan kerepotan," ujarnya.

Menurutnya, kalau tidak dipersiapkan dari sekarang akan menjadi masalah, tapi kalau sudah dipersiapkan dari sekarang insyaallah akan sangat bermanfaat. 

"Madrasah ini mau di bawa ke mana, seksi pendidikan madrasah harus bekerja lebih aktif dan lebih keras lagi, untuk mempersiapkan anak-anak dalam menghadapi masa depan," imbuhnya.

Karena dengan banyaknya kapasitas anak muda di negeri ini, akan berdampak positif untuk membuka kesempatan. Namun jika mereka tidak berkualitas justru akan menjadi kriminalitas.

"Kita akan segera menuju madrasah literasi, program ini harus berkelanjutan, harus konsisten tidak bisa hanya di tahun 2022 saja, maka dari itu guru harus merubah mindset, merdeka belajar harus segera dilaksanakan," ucap pria asal Bojonegoro ini.

Sementara itu, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Umi Kulsum, sangat berterima kasih kepada Kakankemenag yang telah mensupport dan mendukung semua kegiatan seksi Penma ditengah kesibukan yang sangat padat. Ia juga menyampaikan beberapa program seksi Penma di bulan Mei sampai Juni. 

"Di antaranya adalah kegiatan dengan pengawas terkait digitalisasi madrasah, program management madrasah, dengan menggandeng tim Imtera," jelasnya.

 Dia berharap semoga segera disusul oleh madrasah swasta. Wanita asal Plumpang ini berpesan supaya kegiatan ini dilaksanakan sampai tuntas. Program selanjutnya adalah penguatan fasilitator daerah untuk madrasah ramah anak dan sosialisasi madrasah ramah anak. 

Kabarnya, Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof.Dr.H.Moh Isom, M.Ag akan turun ke Tuban untuk melihat lebih dekat MTsN 1 Tuban yang telah menjadi madrasah ramah anak nasional.

Juga akan memberikan penguatan kepada guru di kabupaten Tuban. Ia berharap semua madrasah di kabupaten Tuban masing masing-masing mempunyai program unggulan dan layak dijual di masyarakat.  

Kegiatan ini dilakukan untuk penguatan kepada tim, tentang pentingnya digitalisasi untuk madrasah dan transformasi digitalisasi, agar dapat mengikuti kebutuhan perkembangan zaman.[ono]

 

Tag : kemenag, bonus demografi, madrasah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more