Curhatan PKL Tuban ke Kapolda Jatim: Dulu Sehari Dapat Rp18 Ribu, Sekarang Bisa Rp1 Juta

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kapolda Jawa Timur, Irjen. Pol. Dr. Nico Afinta mengunjungi pos pelayanan mudik Rest Area Polres Tuban, Senin (9/5/2022). Dalam kesempatan itu, mantan Kapolda Kalsel itu berbincang dengan Pedagang Kaki Lima (PKL) tukang bakso di tepi Jalan RE Martadinata atau jalan nasional. 

PKL yang ditemui Irjen Nico, Dwi Oktavian (42) mengaku kaget dan tidak menyangka dapat ngobrol santai dengan Kapolda Jatim. Ia kemudian mencerutakan efek positif dari kebijakan mudik tahun ini. 

"Lebaran 2020 lalu, pernah sehari dari pagi sampai malam mendapat Rp18.000. Alhamdulillah sekarang sehari rata-rata Rp1 juta," kata PKL asal Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban itu. 

Dwi merasakan betul dampak pandemi Covid-19 selama dua tahun lamanya. Ia memutar otak dan sedapat mungkin dapat memenuhi kebutuhan keluarga, di tengah berbagai pembatasan dan kebijakan Pemerintah untuk menekan laju sebaran virus. 

Mendengar curhatan PKL Tuban, Kapolda merasa senang. Sebab, selain arus lalu lintas di Tuban lancar ternyata PKL juga terdampak positif dari kebijakan Pemerintah Pusat diijinkannya mudik di Lebaran 1443 H. 

"Dampak positif mudik tahun ini, pendapatan PKL di Tuban meningkat. Kami tadi berbincang dengan salah satu PKL yang gembira dengan adanya arus mudik atau para pemudik yang singgah di Tuban," ujar Jenderal Polri bintang 2 itu. 

Ia juga menghimbau kepada para pemudik dan masyarakat, untuk tetap menjaga protokol kesehatannya. Silahkan cek kesehatannya dulu pasca mudik ini, dan pastikan kondisi tubuh sehat etika hendak kembali ke kantor atau lingkungan kerjanya. 

"Ketika Prokes dijalankan dengan baik, maka ekonomi juga dapat berjalan baik," imbuhnya. 

Sebagaimana diketahui, Perwira tinggi Polri yang menjabat di Polda Jatim sejak 16 November 2020 itu berangkat menggunakan helikopter dan landing di Mapolres Tuban Jalan Dr. Wahidin Sudirohusoso. 

Dalam kunjungannya di Rest Area, Irjen Nico Afinta langsung berbincang dengan para pemudik yang beristirahat maupun yang mengikuti vaksin di pos kesehatan kerjasama Polres dan Pemkab Tuban. 

Setelah itu, lulusan Akpol angkatan 1992 melihat situasi arus lalu lintas di Jalan RE Martadinata atau jalur nasional di Tuban. Kendaraan yang berjalan dari arah timur maupun barat, terpantau lancar dan tidak ada kemacetan panjang. 

Dilanjutkan ke dalam pos pelayanan, Kapolda sempat mencoba aplikasi Raden Mas Satlantas Polres Tuban. Dalam uji coba tersebut, kendalanya ada di signal yang tidak stabil sehingga belum maksimal komunikasi dengan petugas yang berjaga di setiap pos mudik. 

Di akhir kunjungannya, Irjen Nico menyempatkan mampir ke wisata Pantai Kelapa di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang. Didampingi Kapolres Tuban, AKBP Darman bersama jajarannya, Wakil Bupati Tuban, Riyadi, dan sejumlah OPD di Tuban. [Ali]