22:00 . Warga Bojonegoro Jadi Pemenang Lomba Kicau Nasional di Tuban, Burungnya Ditawar Rp100 Juta   |   21:00 . Desa Klotok Tuban Sukses Gelar Festival Layang-layang Nasional 2022   |   20:00 . Beruntungnya Punya Nama Agus dan Berakhiran Tie Dapat Nasi Kemerdekaan di Warung Tuban Ini   |   19:00 . Ratusan Burung 6 Jenis Ini Tampil Memukau di Lomba Kicau Nasional di Tuban   |   18:00 . 7 Rekomendasi Sewa Kostum dan Rias di Tuban Cocok untuk Karnaval Kemerdekaan   |   17:00 . Di bawah DKI Jakarta, Gubernur Khofifah Minta Pengusaha APINDO Pertahankan Iklim EKonomi Jatim   |   16:00 . Setelah Minyak Goreng Kemasan Turun, Hari Ini Sembako di Tuban Stabil   |   15:00 . Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda   |   14:00 . Lulus Predikat Membanggakan, 54 Siswa Permadani Tuban di Wisuda   |   13:00 . Kabar Baik, 4 Zodiak Berikut ini Hidup Berkelimpahan di Bulan Agustus   |   12:00 . Bediang Berujung Petaka, Warga Tuban Kehilangan Rumah, Kandang dan Tiga Kambing   |   11:00 . Dok! PA Kabulkan Dispensasi Nikah Santriwati Korban Pencabulan Anak Kiai di Tuban   |   10:00 . Jelang HUT RI ke-77 Tahun, Persewaan Kostum Karnaval di Tuban Kebanjiran Orderan   |   09:00 . Lirik Lagu FOREVER 1 - Girls' Generation/ SNSD - SMTOWN   |   08:00 . Ini Niat Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram, Ketahui Keutamaannya   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tangan Kreatif Juariyah, Ubah Limbah Kelapa Jadi Sapu Sabut

bloktuban.com | Tuesday, 26 April 2022 15:00

Tangan Kreatif Juariyah, Ubah Limbah Kelapa Jadi Sapu Sabut Juariyah memegang kapak untuk memukul-mukul sabut kelapa hingga rata. (Foto:Lina/blokTuban.com)

Reporter: S.Y. Lailatul Erlina N.R.

blokTuban.com - Limbah kulit kelapa yang sering kali terbuang sia-sia, tetapi berbeda jika berada ditangan orang yang terampil tentunya akan menjadi bermanfaat untuk lingkungan dan memiliki nilai ekonomis.

Juariyah (53) seorang pengrajin sapu di Desa Saringembat, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, memanfaatkan kulit kelapa yang telah kering untuk dijadikan sapu sabut. 

“Sebenarnya kulit kelapa jika diolah menjadi sabut memiliki banyak manfaat. Bisa dijadikan sapu, keset, tali. Tapi saya hanya buat sapu saja,” ucap Juariyah (53) kepada blokTuban.com, Selasa (26/4/2022).

Kerajinan sapu sabut kelapa sudah dimulai Juariyah (53) sejak tahun 1985. Pada mulanya ketika membeli sapu sabut di pasar. Setelah ia melihat bertuknya yang terkesan mudah untuk dibuat, maka kerangka sapu yang telah dibeli diurai agar tau seperti apa cara pembuatannya. 

Setelah berhasil, dia akhirnya rajin membuat dan menjual sapu sepat miliknya. Adapun bahan yang digunakan cukup simpel, yaitu kulit kelapa, tali, paku, dan bambu. 

Cara agar kulit kelapa menjadi sabut, bisa dengan dipukul hingga merata di semua bagian. Satu kulit kelapa dapat dijadikan satu sapu sabut yang dijual seharga tiga ribu rupiah.

“Saya beli kulit kelapa kering itu langsung banyak dari Desa Rayung, Kecamatan Senori. Biasanya berisi satu mobil pick up seharga tiga ratus ribu rupiah. Karena satu sapu cuma butuh satu kulit kelapa, jadinya kulit kelapa satu mobil pick up bisa dijadikan empat ratus biji sapu,” imbuhnya.

Sapu sabut kelapa miliknya biasa dipesan oleh beberapa toko dilingkungannya dan juga dipasarkan di beberapa pasar kecamatan. Seperti pasar Singgahan, Senori, dan Bangilan. Hasil yang didapat cukup dibuat uang belanja sehari-hari.

Minat pembeli sapu sabut kelapa menurutnya, tak seramai dahulu karena bersaing dengan produk plastik yang sudah dikemas dengan cantik. Sapu sabut kelapa diminati oleh pembeli dilingkungan pedesaan yang keadaan rumahnya masih berlantaikan tanah. 

Banyaknya rumah yang lantainya sudah di keramik lebih memilih sapu plastik. Namun, sebagai produk lokal dan harganya yang sangat ramah di kantong, sapu sabut kelapa miliknya tetap dipertahankan. [Lina/Ali] 

 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, Sabu sabut, Desa Saingembat, Singgahan, Sapu plastik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat