09:00 . Harga Emas Anam 30 November 2022 Naik di Level Rp981.000 Per Gram, Semua Stok Available   |   08:00 . 3 Hal Penting Urusan Hutang-Piutang dalam Islam   |   19:00 . Hujan Deras Akibatkan Longsor di Banyuurip Tuban   |   18:00 . Lirik Lagu Dreamers - Jungkook (BTS) Feat Fahad Al Kubaisi OST Piala Dunia 2022 dan Terjemah   |   17:00 . Warga Tuban Dikagetkan Seekor Ular Piton di Depan Rumahnya   |   16:00 . Cabor Kick Boxing Tuban Sabet 16 Medali di Usia yang masih muda   |   15:00 . Jelang Nataru, TPID Tuban Lakukan Pengawasan Kenaikan Harga Sembako di Pasar Baru Tuban   |   14:00 . Meriahkan Hari Jadi Tuban Ke-729, Puluhan Tukang Becak Ikuti Lomba Ketangkasan   |   13:00 . Hobi Diecast yang Menghasilkan Cuan, Pemuda Asal Tuban Buka Jasa Modifikasi Mobil Miniatur   |   12:00 . UMK Tuban Dipastikan Naik Tahun Depan   |   11:00 . 10 Organisasi Profesi di Tuban Tolak Ruu Kesehatan, Ini Bunyi Tuntutannya   |   10:00 . PLN Adakan Peningkatan Keandalan Listrik pada 2 Kecamatan di Tuban 1 Desember 2022 Mendatang   |   09:00 . Trend Harga Emas Antam Turun, Hari ini 29 November 2022 Dibandrol Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Supaya Selamat dari Segala Bencana dan Mara Bahaya   |   18:00 . Sosiawan Leak Tour ke Tuban, Antusias Berpuisi Tinggi   |  
Wed, 30 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sambut HKB 2022, Karyawan dan Warga Tuban Ikuti Simulasi Tanggap Bencana BPBD

bloktuban.com | Friday, 22 April 2022 18:00

Sambut HKB 2022, Karyawan dan Warga Tuban Ikuti Simulasi Tanggap Bencana BPBD Karyawan MPP Tuban mengikuti simulasi bencana. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam rangka menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2022 yang akan diperingati pada 26 April mendatang, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Tuban menggelar serangkaian kegiatan. Salah satunya simulasi tanggap bencana gempa bumi dan tsunami, Jumat (22/4/2022). 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Sudarmaji mengungkapkan tujuan diadakannya simulasi untuk mengedukasi para masyarakat di Kabupaten Tuban agar bisa menyelamatkan diri sendiri jika sewaktu-waktu terjadi bencana gemba bumi. 

“Tujuannya kita ingin mengedukasi karyawan kita sendiri dan MPP termasuk masyarakat untuk menyelamatkan diri jika bentul-betul ada gempa. Seperti tema HKB tahun ini siap untuk selamat,” paparnya saat dikonfirmasi blokTuban.com, Jumat (22/4/2022). 

Serangkaian kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB itu sendiri, dihadiri oleh sekitar 140 orang. Terdiri dari 50 karyawan BPBD Kabupaten Tuban, 50 personil Mall Pelayanan Publik (MPP) juga 40 masyarakat yang sedang berkunjung di MPP. 

Dalam simulasi tersebut, Sudarmaji menuturkan apabila terjadi bencana gempa bumi sebaiknya masyarakat tidak langsung bergegas untuk lari, akan tetapi mencari perlindungan di bawah meja atau tempat lain yang bisa melindungi kepala. 

“Kalau gempa misalnya jangan langsung lari, berlindung dulu di bawah meja atau tempat lain yang bisa melindungi kepala kita. Setelah itu baru lari dengan tetap melindungi kepala dengan kursi atau tas atau benda lain,” jelasnya. 

Selanjutnya, ia menambahkan apabila dalam situasi tersebut masyarakat berada dalam sebuah ruangan, maka harus segera keluar ruangan mencari titik kumpul atau tempat yang aman. 

Dengan adanya simulasi tanggap bencana yang dilakukan tersebut, maka Sudarmaji berharap hal tersebut bisa menekan resiko bencana yang terjadi seminim mungkin, sehingga tidak ada korban yang berjatuhan. 

“Kita mencoba untuk terus mengedukasi masyarakat supaya betul siap dan mampu menyelamatkan dirinya sendiri pas ada bencana. Karena kedatangan kita kan pasti bencana sudah terjadi. dengan demikian kita akan bisa menekan resiko bencana menjadi seminim mungkin,” kata mantan Kadis PRKP Tuban itu. 

Sekedar diketahui, selain melakukan simulasi tanggap darurat bencana gempa bumi dan tsunami, BPBD Kabupaten Tuban juga mengadakan uji sirine EWS banjir sungai bengawan solo di Desa Tambakrejo Kecamatan Rengel dan Desa Ngadipuro Kecamatan Widang, dengan menggunakan perangkat EWS banjir. 

Selain itu, juga melakukan pemasangan banner HKB Tahun 2022 serta membunyikan sirine serempak pada tanggal 26 April 2022 nanti. [Sav/Ali]

 

 

 

Tag : HKB 2022, BPBD, Tuban, Kabupaten Tuban, Gempa Bumi, Simulasi Bencana



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat