19:00 . Wasit Keluarkan 2 Kartu Merah, Tim Salafiyah Kholidiyah Plumpang Lolos FInal   |   18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sambut HKB 2022, Karyawan dan Warga Tuban Ikuti Simulasi Tanggap Bencana BPBD

bloktuban.com | Friday, 22 April 2022 18:00

Sambut HKB 2022, Karyawan dan Warga Tuban Ikuti Simulasi Tanggap Bencana BPBD Karyawan MPP Tuban mengikuti simulasi bencana. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam rangka menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2022 yang akan diperingati pada 26 April mendatang, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Tuban menggelar serangkaian kegiatan. Salah satunya simulasi tanggap bencana gempa bumi dan tsunami, Jumat (22/4/2022). 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Sudarmaji mengungkapkan tujuan diadakannya simulasi untuk mengedukasi para masyarakat di Kabupaten Tuban agar bisa menyelamatkan diri sendiri jika sewaktu-waktu terjadi bencana gemba bumi. 

“Tujuannya kita ingin mengedukasi karyawan kita sendiri dan MPP termasuk masyarakat untuk menyelamatkan diri jika bentul-betul ada gempa. Seperti tema HKB tahun ini siap untuk selamat,” paparnya saat dikonfirmasi blokTuban.com, Jumat (22/4/2022). 

Serangkaian kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB itu sendiri, dihadiri oleh sekitar 140 orang. Terdiri dari 50 karyawan BPBD Kabupaten Tuban, 50 personil Mall Pelayanan Publik (MPP) juga 40 masyarakat yang sedang berkunjung di MPP. 

Dalam simulasi tersebut, Sudarmaji menuturkan apabila terjadi bencana gempa bumi sebaiknya masyarakat tidak langsung bergegas untuk lari, akan tetapi mencari perlindungan di bawah meja atau tempat lain yang bisa melindungi kepala. 

“Kalau gempa misalnya jangan langsung lari, berlindung dulu di bawah meja atau tempat lain yang bisa melindungi kepala kita. Setelah itu baru lari dengan tetap melindungi kepala dengan kursi atau tas atau benda lain,” jelasnya. 

Selanjutnya, ia menambahkan apabila dalam situasi tersebut masyarakat berada dalam sebuah ruangan, maka harus segera keluar ruangan mencari titik kumpul atau tempat yang aman. 

Dengan adanya simulasi tanggap bencana yang dilakukan tersebut, maka Sudarmaji berharap hal tersebut bisa menekan resiko bencana yang terjadi seminim mungkin, sehingga tidak ada korban yang berjatuhan. 

“Kita mencoba untuk terus mengedukasi masyarakat supaya betul siap dan mampu menyelamatkan dirinya sendiri pas ada bencana. Karena kedatangan kita kan pasti bencana sudah terjadi. dengan demikian kita akan bisa menekan resiko bencana menjadi seminim mungkin,” kata mantan Kadis PRKP Tuban itu. 

Sekedar diketahui, selain melakukan simulasi tanggap darurat bencana gempa bumi dan tsunami, BPBD Kabupaten Tuban juga mengadakan uji sirine EWS banjir sungai bengawan solo di Desa Tambakrejo Kecamatan Rengel dan Desa Ngadipuro Kecamatan Widang, dengan menggunakan perangkat EWS banjir. 

Selain itu, juga melakukan pemasangan banner HKB Tahun 2022 serta membunyikan sirine serempak pada tanggal 26 April 2022 nanti. [Sav/Ali]

 

 

 

Tag : HKB 2022, BPBD, Tuban, Kabupaten Tuban, Gempa Bumi, Simulasi Bencana



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat