Produk Konveksi Elegant T-shirt Tuban Tembus Papua

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Kemampuan berjejaring menjadi salah satu keahlian yang wajib dimiliki oleh para pembisnis. Sebab, dengan memiliki kemampuan berjejaring yang baik pengusaha atau pembisnis bisa dengan mudah membangun relasi dengan banyak orang. 

Relasi dan kolaborasi dengan banyak pihak, perlahan dapat menjadi kunci bagi pembisnis untuk melebarkan usaha yang telah diupayakan. Hal tersebut, rupanya juga dialami oleh Siti, pembisnis konveksi kaos yang berasal dari Desa Sembungrejo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban. 

Bagaimana tidak, untuk memperkenalkan produknya, ibu dari dua anak itu gencar memperbanyak relasi dengan sering mengikuti event-event besar seperti pameran maupun seminar baik di tingkat Kabupaten ataupun provinsi. 

“Kesulitan yang kita alami untuk saat ini masih di pemasaran, maka dari itu saya mensiasatinya dengan memperbanyak relasi saja. Seperti kemarin juga habis ikut event di Malang dan ketemu dengan banyak orang baru,” katanya kepada blokTuban.com, Sabtu (2/4/2022). 

Selain memperbanyak relasi, Siti sebelum membuat produk harus melewati fase trial dan eror terlebih dahulu. Tujuannya agar produk yang dipasarkannya benar-benar bagus dan banyak memiliki peminat. 

Biasanya, dalam fase ini Siti selalu meminta pendapat para relasi nya yang memiliki pengalaman lebih banyak dari nya. Dari masukan-masukan yang diterima itulah yang kemudian menjadikan produk buatannya lebih bagus dari yang sebelumnya. 

”Jadi kita minta kritik dan saran dengan mereka yang sudah faham kira-kira kurangnya apa. Biasanya trial bisa sampai lima kali dalam satu model kaos,” jelasnya.  

Tidak hanya itu saja, untuk melebarkan usahanya tersebut perempuan 44 tahun juga berkolaborasi dengan beberapa relasi yang dikenalnya seperti halnya vendor-vendor sablon yang sudah memiliki cukup nama di Kabupaten Tuban. 

Hingga saat ini, perempuan ramah itu mengaku sudah ada lima vendor yang berkolaborasi atau bekerja sama dengan konveksi Elegant T-shirt miliknya. 

“Sudah ada lima vendor yang bekerja sama, dan juga ada reseller yang ikut memasarkan produk kami,” ungkapnya. 

Untuk memperkenalkan produknya lebih luas lagi, Siti juga memanfaatkan sosial media. Tak heran kini produknya sudah dikenal di beberapa kota seperti Tuban, Surabaya, hingga Papua.  

Tak tanggung-tanggung dalam satu bulan perempuan berhijab ini bisa menerima pesanan sebanyak 1000 hingga 3000 kaos per bulannya, dengan ukuran S sampai dengan 3 xl. Oleh karena itu, ia berharap untuk kedepannya konveksi yang tengah dirintisnya sejak delapan bulan lalu bisa menambah karyawan, sehingga memiliki manfaat bagi banyak orang. 

“Untuk Pesanan bisa 1000 sampai 3000 per bulan, tapi rata-rata ya 1000-2000 per bulan. Harapannya ke depan elegant bisa menambah karyawan, kapasitas, membawa kebermanfaatan dan bisa menembus pasar mancanegara,” tutupnya. [Sav/Ali]