Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Anak Penderita Penyakit Ginjal

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Penyakit ginjal merupakan sebuah istilah yang menggambarkan adanya gangguan yang terjadi pada organ ginjal manusia. Pada umumnya, penyakit ginjal akan mengganggu fungsi organ ginjal untuk menyaring racun dari darah. 

Oleh karena itu, penyakit ginjal dirasa cukup berbahaya apabila menyerang manusia terlebih pada usia anak-anak. Namun, jika hal tersebut sudah terjadi pada anak, maka sebaiknya orangtua juga memperhatikan larangan makanan atau minuman yang tidak boleh diberikan kepada anak, agar tidak memperparah penyakit yang dideritanya. 

Prof. DR. Dr. Dany Hilmanto, Sp.A(K) dalam kegiatan Tanya IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia melalui Instagram Live, mengungkapkan anak yang memiliki gejala awal penyakit ginjal maka harus mengurangi makan garam. 

“Apabila terdapat bengkak misalnya maka tentu harus dikurangi makan garam. Tapi kalau penyakit ginjal sudah mengarah ke penyakit ginjal kronik maka umumnya yang kita batasi adalah pemberian protein,” ungkapnya dikutip, Kamis (17/3/2022). 

Saat ini, lanjutnya penderita penyakit ginjal lebih dianjurkan mengkonsumsi protein yang mengarah ke nabati. Protein-proten nabati tersebut dinilai lebih mempertahankan fungsi ginjal yang tersisa. 

Selain itu, terkait pemberian vitamin secara rutin pada anak usia dini, Dokter Ahli Nefreologi pada anak itu mengatakan, secara umum itu tidak ada masalah, meskipun memang ada batas tertentu yang tidak berlebihan. 

“Karena kadang ada vitamin-vitamin tertentu jika dikonsumsi berlebihan dia akan mengakibatkan mudah kerusakan ginjal. Salah satunya dengan pembentukan batu ginjal tapi kalau jumlahnya berlebihan,” katanya. 

Lebih lanju,t ia merasa yakin jika vitamin yang dikonsumsikan orangtua pada anaknya jumlahnya tidak berlebihan karena sesuai dengan resep yang dianjurkan oleh dokter. Jadi secara umum pemberian vitamin secara rutin pada anak tidak memiliki masalah asalkan tidak berlebihan dan sesuai dengan resep dokter. [Sav/Ali]