09:00 . Bom Bunuh Diri Meledak di Polsek Astanaanyar Bandung, Video Tersebar di Media Sosial   |   08:00 . Harga Emas AntamHari Ini 7 Desember 2022 Stagnan di Level Rp984.000   |   18:00 . Tak Bisa Berenang, Pelajar Tuban Tewas Tenggelam di Telaga Saat Mandi   |   17:00 . MTQ XXX 2022 Dibuka, Ajang Tuban Membumikan Alquran   |   16:00 . BNPB Tegaskan Erupsi Gunung Semeru Tak Picu Tsunami   |   15:00 . SAKIP Tuban Diganjar Predikat BB, Menpan RB Larang Birokrasi Ribet   |   14:00 . Bermula Dari Hobi, Produk Rajutan Warga Tuban Ini Diekspor Sampai ke Qatar   |   13:00 . IDe AsSALAM Antarkan UINSA Terima Penghargaan TOP 45 tahun 2022   |   12:00 . Serahkan Kaporlap pada Bhabinkamtibmas, Wakapolres Tuban : Kembalikan Kepercayaan Publik Kepada Institusi Polri   |   11:00 . Tak Patut Dicontoh, Video Dewasa Viral di Tuban dan Balita Ikut Terekam   |   10:00 . Anjlok Rp15.000 Per Gram, Harga Beli Emas Antam Turun di Level Rp984.000   |   09:00 . Erupsi Gunung Semeru di Indonesia, Jepang Waspada Ancaman Gelombang Tsunami?   |   08:00 . Doa yang Sering Diamalkan Rasulullah SAW Setiap Hari   |   07:00 . Jadwal Tayang Enam Film di Bioskop NSC Tuban 6 Desember 2022   |   06:00 . Cabai Keriting di Tuban Naik Rp2.000, Bawang Merah Rp1.000/Kg   |  
Wed, 07 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pemuda Desa Wanglu Wetan Beraksi, Bantu Rumah Warga yang Terkena Longsor

bloktuban.com | Wednesday, 16 March 2022 09:00

Pemuda Desa Wanglu Wetan Beraksi, Bantu Rumah Warga yang Terkena Longsor Sejumlah pemuda gotong royong memperbaiki longsor di Desa Wanglu Wetan, Kecamatan Senori, Tuban. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Intensitas hujan yang tinggi beberapa bulan belakangan ini, memang cukup membuat masyarakat resah. Pasalnya banyak musibah yang datang silih berganti di beberapa  daerah yang ada di Indonesia, termasuk Kabupaten Tuban. 

Seperti banjir bandang, angin puting beliung hingga longsor, hal itu tentu menyebabkan masyarakat mengalami banyak kerugian, bahkan ada juga yang sampai kehilangan nyawa. Salah satu daerah di Kabupaten Tuban, yang turut mengalami musibah tanah longsor ialah Desa Wanglu Wetan, Kecamatan Senori. 

Setelah hampir sepekan lalu jembatan yang menjadi akses utamanya amblas, kini giliran pemukiman warga yang berada di sebelah sungai mengalami longsor. Terjadinya hal tersebut, disinyalir karena air sungai yang meluap serta adanya curah hujan yang tinggi. 

“Faktor yang mempengaruhi itu masih sama, yaitu hujan dan sungai meluap,” terang Sutoni, pemuda Desa Wanglu Wetan kepada blokTuban.com, pada Rabu (16/3/2022). 

Menanggapi hal tersebut, puluhan pemuda yang tergabung dalam organisasi Ikatan Kera Sakti Indonesia (IKSPI) bersama dengan warga setempat turun tangan dengan melakukan aksi gotong royong membuat tanggul, agar tanah yang longsor tersebut tidak merembet ke rumah warga dan juga jalan. 

Dengan bahan-bahan seperti kayu, batu, dan juga alat berat lainnya mereka bahu membahu untuk menyelesaikan tugasnya meskipun sempat terhalang hujan dan pengerjaan dihentikan beberapa saat. Kendati demikian, hal itu tidak menghalangi semangat para masyarakat. 

“Dibuatkan tanggul biar tidak merambat ke rumah warga setempat, dibelikan batu pakai uang pribadi karena takut rumah ikut longsor kalau nggak segera ditindak lanjuti dan ditakutkan merembet ke jalan umum juga. Ini yang ikut 30 pemuda dan ada 10 warga yang juga membantu, ” katanya. 

Adanya pembuatan tanggul itu, lanjut pria ramah tersebut jika dana yang digelontorkan kurang lebih mentaksir Rp20 juta, dengan tanah yang diperbaiki memiliki kedalaman 6 meter dan panjang 10 meter. 

Lebih lanjut, mengenai kejadian tanah longsor tersebut Toni mengatakan jika Pemerintah Desa setempat juga sudah melakukan pendataan guna bisa ditindak lanjuti secara tepat kedepannya. [Sav/Ali] 

 

Tag : Pemuda Wanglu Wetan, Longsor Tuban, Gotong Royong, Kera Sakti



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat