Tiga Ekor Sapi di Tuban Terbakar, Puluhan Kayu Glondong Hangus

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kebakaran hebat di sebuah kandang sapi yang terbuat dari kayu jati mengakibatkan tiga ekor sapi mengalami luka bakar pada Jumat (4/3/2022) pukul 00.30 Wib. Kandang beserta sapi tersebut milik Taseni (57) asal Desa Ketambul, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. 

Selain tiga ekor sapi, pemilik tersebut juga kehilangan 20 kayu glondongan yang ikut hangus dilalap si jago merah. Kebakaran tersebut padam setelah petugas Damkar dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) turun ke lokasi. 

Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran Tuban, Gunadi, menjelaskan petugas Damkar menerima informasi dari perangkat Desa Ketambul adanya peristiwa kebakaran sekitar pukul 00.30 Wib di Dusun Sentro. 

"Penyebab kebakaran di kandang Sapi ukuran sekitar 9 x 15 meter itu diduga akibat bediang yang merembet ke tumpukan jerami dan kayu," ujar Gunadi kepada reporter blokTuban.com. 

Usai menerima laporan tersebut, tim Satpol PP dan Damkar Pos Induk segera bergerak cepat menuju lokasi dengan membawa dua armada mobil Pemadam Kebakaran tim juga meminta bantuan BPBD untuk mengirimkan dua armada mobil water supply ke lokasi kejadian

"Tim berhasil memadamkan api sekitar pukul 01.15 WIB dan selanjutnya melakukan pembasahan," imbuh mantan Kepala Dinas Perhubungan Tuban itu

Sesuai kerugian berupa kandang sapi, tiga ekor sapi, dan 20 kayu glondong yang hangus, pemiliknya mengalami kerugian kurang lebih Rp80 juta. 

Akibat kejadian tersebut, Gunadi menghimbau kepada pemilik kandang sapi untuk lebih waspada ketika bediang. Diantaranya menjauhkan kayu atau jerami yang mudah terbakar dari sumber api. [Ali]