Terbaring Sakit di Alun-alun Tuban, Tunawisma Ini Dievakuasi

 

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Seorang tunawisma bernama Mundzir (60) ditemukan terbaring sakit tak berdaya di Alun-Alun Tuban. Lansia asal Kecamatan Duduk Sampean, Kabupaten Gresik itu langsung dievakuasi oleh petugas Satpol PP Tuban.

Saat didatangi petugas ketika sedang patroli, tunawisma itu sedang tiduran di salah satu sudut taman tanpa alas dengan bantalan kantong plastik merah.

Untuk bangun dari tempatnya, tiga petugas Satpol PP harus membantunya. Setelah diajak komunikasi, yang bersangkutan tidak bisa berjalan sehingga langsung dibopong ramai-ramai.

Terpantau empat anggota Satpol PP membopong Mundzir dan lainnya tampak membawakan barang dan sandalnya di kantong merah. Tunawisma itu kemudian dinaikkan kendaraan truk patroli yang sedang terparkir di utara Alun-Alun Tuban.

Karena tubuh Tunawisma lemas, petugas kemudian menempatkannya di bawah tempat duduk supaya lebih nyaman. Mundzir kemudian dibawa ke IGD RSUD dr. R. Koesma Tuban untuk mendapat perawatan.

Untuk penanganan tunawisma selanjutnya diserahkan ke Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

"Selama bulan Januari 2022 ini baru satu tunawisma yang kami evakuasi," ujar Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Tuban, Gunadi kepada blokTuban.com.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Tuban ini, belum mengetahui berapa lama waktu tunawisma sakit. Timnya mengetahui saat menjalankan patroli rutin untuk memastikan keamanan dan ketertiban di lingkungan Tuban Kota.

"Bila ada tunawisma yang membutuhkan evakuasi silahkan langsung hubungi Satpol PP," pesannya. [ali/col]