Kalapas Tuban Ajak Narapidana Bersihkan Area Makam Sunan Bonang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Tuban melaksanakan kegiatan kerja bakti membersihkan area makam Sunan Bonang di Kelurahan Kutorejo, Kabupaten/Kecamatan Tuban, Jumat (28/1/2022).

Kerja bakti membersihkan area makam Sunan Bonang itu dipimpin langsung oleh Kalapas Kelas IIB Tuban, Siswarno. Selain mengajak para jajaranya, Kalapas Tuban juga melibatkan sebanyak 6 narapidana (napi) untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut.

"Kami ajak WBP Lapas Tuban untuk ikut partisipasi dalam kegiatan ini. Selain kerja luar, kami juga menunjukkan ke masyarakat bahwa WBP Lapas Tuban peduli terhadap kebersihan lingkungan,” jelas Kalapas Tuban.

Lebih lanjut, pada kesempatan itu Kalapas Tuban juga menyampaikan alasanya memilih lingkungan makam Sunan Bonang. Sebab, area makam Sunan Bonang merupakan destinasi wisata religi yang sering dikunjungi masyarakat dan berdekatan dengan Lapas Tuban.

“Apalagi ini lingkungan makam Sunan Bonang, penyebar agama islam di tanah Jawa,” ujar Siswarno.

Sementara itu, salah satu narapidana yang mengikuti kegiatan tersebut, AI (25) mengatakan kegiatan seperti ini sangat bagus sekali agar masyarakat bisa melihat bahwa status yang diembannya saat ini bisa berkontribusi bagi masyarakat.

“Aku senang bisa ikutan bersihin makam leluhur kita, biar orang-orang tahu kalau napi sama pedulinya dengan mereka di luar,” pungkas AI.[hud/ono]