12:00 . Ukuran Bank Dunia, Ketimpangan Penduduk Tuban Rendah   |   11:00 . Ekonomi Tuban 2021 Naik 3,00 persen, Ini Penyebabnya   |   10:00 . Data Imunisasi Anak akan Tersimpan di Aplikasi PeduliLindungi   |   09:00 . Tak Layak untuk Ibadah dan Mengaji, Musala Al Ikhlas Desa Kaligede Akhirnya Direhab Satgas TMMD   |   19:00 . Halal Bihalal di Tuban, Sekum PP Muhammadiyah : Penyakit PMK Jangan Dianggap Remeh   |   17:00 . Gerindra Tuban Tancap Gas, Siap Antarkan Prabowo Subianto ke RI-1   |   16:00 . Libur Akhir Pekan, Yuk Intip Keseruan Anak-anak Bermain Air di Pantai Pasir Putih   |   14:00 . Pantai Semilir Tuban Punya Wahana Baru Banana Boat, Segini Tarifnya   |   13:00 . Ratusan Karya Seni Rupa Siswa Tuban Dipamerkan di Wisata Pantai Kelapa   |   12:00 . Jokowi Tegaskan Perang Tak Untungkan Siapapun, Mendag Fokus Pemulihan Ekonomi ASEAN   |   11:00 . Siap-siap! Vendor SIG Tuban yang Abaikan K3 Terima Skorsing   |   10:00 . Sepenggal Kisah Sumur Gemuling dan Lingga Yoni di Masjid Al-Falah Tuban   |   09:00 . Raden Santri, Kerabat Sunan Muria di Desa Cangkring   |   08:00 . Mendag Lutfi: Penguatan ASEAN Kunci Pertumbuhan Ekonomi Kawasan   |   16:00 . Jangan Takut Cepat Pudar, Begini Cara Mencuci Pakaian Hitam Agar Tetap Pekat dan Terlihat Baru   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Menko Airlangga: Ada Empat Poin Penting untuk Pengembangan UMKM 2022

bloktuban.com | Wednesday, 19 January 2022 17:00

Menko Airlangga: Ada Empat Poin Penting untuk Pengembangan UMKM 2022

 

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pada masa pandemi saat ini pemulihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) menjadi salah satu program utama pemerintah. 

Hal tersebut diwujudkan dengan dukungan kebijakan terhadap UMKM serta korporasi dengan anggaran yang mencapai Rp162,40 triliun. Anggaran itu merupakan total anggaran dalam program pemulihan ekonomi nasional tahun 2021 yang mencapai Rp744,77 triliun. 

“Berbagai kebijakan pemerintah untuk memulihkan UMKM antara lain bantuan pelaku usaha mikro, bantuan tunai pedagang kaki lima dan warung, serta tambahan subsidi Kredit Usaha Rakyat (KUR) 3 persen,” ujar Airlangga Hartanto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, dikutip blokTuban.com dalam laman resmi Kemenko pada Rabu (19/1/2022)

Dengan suku bunga KUR 3 persen tersebut, maka pertumbuhan KUR pada tahun 2021 meningkat hingga mencapai 41,9 persen dengan realisasi Penyaluran KUR di tahun 2021 yang mencapai Rp281,86 triliun atau 98,9 persen dari perubahan target tahun 2021 sebanya Rp285 triliun dengsn Non Performing Loan (NPL) yang rendah yaitu 0,98 persen. 

Peningkatan itu terjadi bukan hanya dalam nominal penyaluran KUR saja. Akan tetapi pada jumlah UMKM penerima KUR yang meningkat dari 6,1 juta debitur pada tahun 2020, di tahun 2021 menjadi 7,4 juta debitur. 

“Tahun 2022 ini pemerintah kembali meningkatkan plafon KUR menjadi Rp373,17 triliun dan memperpanjang tambahan subsidi bunga KUR 3 persen sehingga suku bungan KUR 3 persen berlanjut hingga akhir tahun 2022,” ucapnya

Pencapaian tersebut tidak lepas dari kerja sana yang kuat antara semua pihak yang telah mendukung KUR yaitu 14 Menteri serta Kepala Lembaga teknis anggota komite kebijakan pembiayaan bagi UMKM, seluruh kepala daerah, penyalur dan juga penjamin KUR. 

Dengan adanya hal tersebut, Menko Airlangga menyampaikan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pengembangan UMKM di masa yang akan datang. Setidaknya ada empat poin yang disampaikannya, diantaranya. 

Pertama, kepada Lembaga Penyalur agar memberikan kemudahan serta memperluas akses pembiayaan kepada UMKM sesuai dengan Peraturan Menko Perekonomian (Permenko) terkait KUR. 

Poin yang kedua yaitu Menko Airlangga meminta agar Pemerintah Daerah mengunggah data UMKM yang potensial pada sistem informasi kredit program. Selanjutnya, poin ketiga yakni Kementerian atau lembaga diharapkan bisa membuat petunjuk teknis pemberian KUR di masing-masing sektor yang sejalan dengan Permenko. 

Sedangkan yang keempat, agar setiap K/L dan Pemda membuat program korporatisasi UMKM antara lain dengan program one village one product dengan pola pengelolaan secara cluster yang basis pembiayaannya menggunakan KUR khusus. [sav/col]

 

Tag : Ekonomi, ekspor, umkm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more