80 Persen Masyarakat Sudah Tervaksin, Pemerintah Desa Compreng Terus Gencarkan Vaksinasi

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Vaksinasi Covid-19 masih terus digencarkan oleh pemerintah, terlebih saat ini di Indonesia telah terdeteksi muncul varian baru Omicron. Meskipun saat ini Kabupaten Tuban sudah masuk ke dalam daerah level satu Covid-19 di Jawa Timur, akan tetapi upaya vaksinasi terus dijalankan.

Seperti halnya di Desa Compreng, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, meskipun masyarakat yang sudah Tervaksin mencapai 80 persen, dan sudah ribuan masyarakat yang sudah tervaksin. Akan tetapi pada Kamis (13/1/2022) kembali melakukan vaksinasi untuk warga sekitar.

Zustiana Eka Famayanti Bidan Desa setempat mengatakan, bahwa pihak pemerintah Desa Compreng setiap minggu selalu menggelar kegiatan vaksin bagi masyarakat, sehingga saat ini sudah banyak warga yang sudah Tervaksinasi.

"Vaksin ini rutin digelar, sudah kesekian kali nggak terhitung karena kita dapatnya per minggu, jadi terus diadakan seminggu bisa sampai dua kali, sekarang sudah terhitung sekitar 80 Persen masyarakat yang sudah tervaksin," ujarnya kepada blokTuban.com saat ditemui di lokasi vaksinasi.

Kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan di kantor balai desa dengan menyediakan sekitar 90 dosis vaksin Covid-19. Dengan perincian 30 jenis vaksin Sinovac dan 60 jenis vaksin Pfizer. "Kita nanti pasti nambah, seperti kemarin waktu hari Selasa juga gitu dapat 30 dosis Sinovac kita nambah jadi 50 dosis, jadi kondisional," ucapnya.

Perempuan berusia 37 tahun itu melanjutkan jika sasaran dari kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan tersebut merupakan seluruh masyarakat Desa Compreng mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lansia.

Biasanya, pihak pemerintah desa dan tenaga kesehatan mensosialisasikan kegiatan vaksinisasi pada saat melakukan berbagai macam kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti kegiatan tahlil, kegiatan posyandu balita kegiatan posyandu lansia, hingga pada saat kegiatan penyaluran bantuan.

"Pada saat penerimaan bantuan itu juga disosialisaikan, terus dari masyarakat Desa Compreng itu dari perangkat desanya juga support, jadi ada kegiatan apa, seperti rapat di desa itu pasti disampaikan," jelasnya.
Dalam melakukan sosialisasi terhadap vaksinasi Covid-19 tersebut, wanita ramah itu mengaku jika selalu berjalan dengan lancar dan tidak mengalami kendala sama sekali, lantaran masyarakat yang saling supportif.

"Selama sosialisasi Alhamdulillah kegiatannya berjalan dengan lancar, jadi disosialisasikan dari tingkat RT, RW terus masyarakat umum juga tidak ada masalah untuk sosialisasi. Saling support kita dari Kepolisian, kodim, Koramil yang ada disini, dari tingkat puskesmas tenaga medis, juga perangkat desa semuanya support," tutupnya. [sav/sas]