Bentuk Kepedulian, Kosti Tuban Galang Dana untuk Warga Terdampak Semeru

 

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Status tanggap darurat bencana erupsi Gunung Semeru yang berlokasi di Lumajang, Jawa Timur dinyatakan sudah berakhir pada Jumat (24/12/2021), meskipun demikian hingga saat ini Gunung Semeru masih berstatus siaga.

Sejak terjadinya erupsi, masyarakat Indonesia berbondong-bondong untuk menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak bencana. Bantuan tersebut datang dari berbagai kalangan, baik dari Pemkab, sekolah-sekolah, ataupun berbagai macam komunitas, dan kalangan lain.

Salah satu komunitas yang turut serta menggalang dana untuk membantu warga terdampak erupsi adalah Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kabupaten Tuban. Kosti Tuban yang terdiri dari kurang lebih 32 klub pecinta sepeda lawas di Tuban bahu membahu mengumpulkan dana untuk membantu meringankan beban warga yang terdampak.

Nurhadi, salah satu Ketua Klub Pecinta sepeda Lawas di Desa Ngino mengungkapkan, bantuan yang terkumpul dari Kosti Tuban sebesar Rp3.800.000. Dana tersebut disalurkan langung oleh Masrifan, selaku Ketua Kosti Tuban, serta Amadi dan Dimin selaku pengurus Kosti Tuban. “Bantuan selain uang tunai juga dibelanjakan sembako, berangkat bersama mobil pickup,” terangnya pada Sabtu (26/12/2021).

Bantuan dari Kosti Tuban tersebut diserahkan ke Kosti Lumajang, kemudian bersama-sama menuju pengungsian para warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Tak hanya Kosti Tuban, melainkan Kosti dari seluruh Indonesia juga melakukan penggalangan dana secara bersama.

“Dari Kosti Tuban sendiri, semoga sedikit bantuan dana ini bisa membantu saudara kita yang ada di Lumajang. Bantuan itu jangan dilihat dari apa yang diberikan, tapi dilihat dari yang telah dilakukan. Semoga juga bencana cepat berlalu,” ungkapnya. [din/col]