Semarakkan Hari Jadi Tuban, PBSI Tuban Gelar Battle Badminton Championship

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kabupaten Tuban menggelar Battle Badminton Championship dalam rangka peringatan Hari Jadi Tuban yang ke-728. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, yakni pada tanggal 15-16 Desember 2021 di Gelanggang Olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga Kabupaten Tuban.

Pertandingan bulu tangkis untuk perebutan piala bupati cup tersebut diikuti oleh 38 peserta, kategori putra dan putri baik senior atupun junior. Kategori senior tersebut diikuti oleh peserta dengan usia 18 tahun ke atas, sedangkan junior diikuti oleh usia 17 tahun ke bawah.

Abu Khalik, selaku ketua pelaksana kegiatan mengungkapkan rata-rata peserta yang mengikuti pertandingan ini adalah usia kelahiran tahun 2000. “Ada juga yang tertua itu dari Camat Singgahan, beliau turun langsung ikut tanding tunggal senior,” terangnya.

Alek, sapaan akrab pengurus PBSI Kabupaten Tuban tersebut juga mengatakan bahwa syarat utama dalam pertandingan bulu tangkis ini wajib vaksin minimal dosis satu.

“Syarat utama pendaftar harus vaksin minimal dosis 1 jadi harus menunjukkan bukti kartu vaksinnya, kalau belum vaksin nggak bisa daftar,” terangnya.

Nomor pertandingan yang digelar hanya tunggal putra dan putri, dibedakan berdasarkan kategori senior dan junior. Peserta dari pertandingan bulu tangkis ini merupakan perwakilan dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban, kurang lebih diikuti dari 12 kecamatan.

“Jadi ini perseorangan yang mewakili kecamatan, maksimal ada 4 perwakilan dari setiap kecamatan, nggak boleh lebih,” jelasnya.

Ia melanjutkan bahwa belum semua kecamatan ikut, seperti Kecamatan Soko dan Jenu. Pertandingan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB tersebut memperebutkan juara 1, 2 dan 3 bersama kategori junior dan senior baik putra ataupun putri.

“Jadi ada 4 nanti kategori pemenangnya. Setelah tanding final ini nanti diumumkan juaranya, kemarin babak penyisahannya. Hari ini semifinal dan final,” terangnya. [din/sas]