10:00 . Memiliki Cita Rasa Legit, Tape Singkong Desa Klutuk Tuban Tembus Jakarta   |   09:00 . Kisah Pemilik UMKM “RISTA” Geluti Usaha Pengolahan Hasil Laut Sejak 2010   |   08:00 . Unik! Tradisi Bucu Kendit Desa Pabean Tambakboyo Tuban Beda dari Daerah Lain   |   07:00 . Pembunuhan Sekdes Sidonganti Seret Nama Kades, Ini Kata Polisi   |   06:00 . Video Rekontruksi Pembunuhan Sekdes Sidonganti Kerek di Polres Tuban   |   20:00 . Stadion Tuban Sport Center Kandang Sementara Persela Lamongan   |   19:30 . Kaesang Ziarah ke Sunan Bonang Tuban Ditemani Habib Hussein   |   19:00 . Masyarakat Tuban Keluhkan Harga Bahan Pokok yang Kian Melonjak   |   18:00 . Pemasangan Spanduk Ajakan Awasi Pemilu Dinilai Kurang Tepat, Bawaslu Tuban: Itu Sampling   |   17:00 . Resep Ramuan Awet Muda Kunir Asem yang Dibagikan dr Zaidul Akbar   |   16:00 . UMK 2024 Naik 4.56 Persen, Buruh di Tuban Masih Merasa Kecewa   |   15:00 . Korban Kurang Kooperatif, Polisi Sulit Ungkap Kasus Tangan Putus di Widang Tuban   |   14:00 . Berlaku 1 Januari 2024, Ini Daftar Lengkap UMK Jatim Terbaru   |   13:00 . Lirik Lagu Di Tepian Rindu - Davi Siumbing (Stand Up Comedian) Trending Youtube   |   12:00 . Pembuang Bayi di Tuban Belum Ketemu   |  
Sun, 03 December 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kunker ke Kemensos dan Kemenparekraf, Komisi 4 DPRD Tuban Bahas Percepatan Pengentasan Kemiskinan

bloktuban.com | Friday, 10 December 2021 13:00

Kunker ke Kemensos dan Kemenparekraf, Komisi 4 DPRD Tuban Bahas Percepatan Pengentasan Kemiskinan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Komisi 4 DPRD Kabupaten Tuban melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kementrian Sosial (Kemensos) dan Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Dalam kunker tersebut ada beberapa poin yang dibahas, diantaranya adalah terkait percepatan pengentasan kemiskinan serta pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Komisi 4 DPRD Kabupaten Tuban Tri Astuti mengatakan, pembangunan Kabupaten Tuban saat ini percepatan penurunan kemiskinan dan pemulihan ekonomi menjadi prioritas yang dibutuhkan kerjasama oleh semua pihak.

Untuk itu, Komisi 4 DPRD memandang perlunya untuk berkonsultasi dengan Kemensos RI terkait strategi penguatan program pemberdayaan masyarakat.

"Pemutahiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS) menjadi bahan diskusi  dengan target integrasi bansos digitalisasi penyaluran bansos, afirmasi penargetan pemberdayaan masyarakat dan perbaikan layanan dasar," terang Ketua Komisi 4 DPRD Kabupaten Tuban, Tri Astuti.

Lebih lanjut, diskusi kali ini juga menyinggung terkait strategi meningkatkan prndapatan masyarakat guna percepatan penurunan kemiskinan. Mengingat data Susenas di BPS jumlah penduduk miskin di Tuban naik, yaitu di tahun 2019 sebanyak 170.800, sedangkan di tahun 2020 sebanyak 187.130 dan di tahun 2021 sebanyak 192.580.

"Ini membuktikan bahwa di masa Pandemi Covid-19 ini masyarakat kita sangat terdampak dan kesejahteraan menurun," tandas politisi Partai Gerindra tersebut.

Terkait data Penerima Manfaat yang sering kali ada permasalahan terkait update data. Kemensos telah membuat kebijakan update dilakukan setiap sebulan sekali. Untuk itu, petugas pendataan diharapkan aktif dalam menginput data perbaikan.

Sementara itu, kepada Kemenparekraf Komisi 4 DPRD Tuban menyampaikan, terkait potensi wisata Tuban yang bisa di kembangkan mengingat Tuban memiliki garis pantai kurang lebih 65 KM yang berpotensi menjadi wisata pantai ada spot-spot yang menarik.

"Potensi wisata yang dimiliki Tuban sebanyak 78 obyek, yaitu 4 dikelola Disparbudpora, 21 wisata religi, 12 wisata alam 41 wisata desa yang dikelola Pokdarwis," imbuhnya.

Komisi 4 juga menyampaikan rencana pemerintah daerah untuk Pembangunan Tuban Creative Centre dengan merevitalisasi Gedung Budaya Loka ssebagai pusat kegiatan seni dan budaya serta serta sebagai wadah pengembangan sektor ekonomi kreatif dalam upaya mendukung wisata daerah.

Lebih lanjut, pariwisata sebagai komponen penting dalam mendukung pengembangan ekonomi, namun di tengah pandemi ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata mengalami menurunan drastis lebih dari 50 persen.

Sehingga untuk pemulihan pariwisata maka inovasi pemasaran, terobosan dalam mencari pasar baru, jaminan keamanan Covid-19 dan promosi digital menjadi cara dalam pemulihan pariwisata.

Selain itu pengelolaan yang berkelanjutan yang mampu memberikan dampak ekonomi dan multi flyer efect perlu di tingkatkan melalui pembangunan kelembagaan yang berkompeten. Kunjungan ini di terima oleh Ibu Oneng Sekertaris Deputi, Bapak Wisnu Koordinator pengembangan destinasi Wilayah Jatim dan beberapa Kabag. [hud/rom]

Tag : kunker, kemensos



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...
-->

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 14 August 2023 11:00

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB PT Blok Tuban Promosindo yang menaungi website blokTuban.com kembali mendapat kepercayaan dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai tempat praktik Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) tahun 2023, Senin (14/8/2023)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat