10:00 . Memiliki Cita Rasa Legit, Tape Singkong Desa Klutuk Tuban Tembus Jakarta   |   09:00 . Kisah Pemilik UMKM “RISTA” Geluti Usaha Pengolahan Hasil Laut Sejak 2010   |   08:00 . Unik! Tradisi Bucu Kendit Desa Pabean Tambakboyo Tuban Beda dari Daerah Lain   |   07:00 . Pembunuhan Sekdes Sidonganti Seret Nama Kades, Ini Kata Polisi   |   06:00 . Video Rekontruksi Pembunuhan Sekdes Sidonganti Kerek di Polres Tuban   |   20:00 . Stadion Tuban Sport Center Kandang Sementara Persela Lamongan   |   19:30 . Kaesang Ziarah ke Sunan Bonang Tuban Ditemani Habib Hussein   |   19:00 . Masyarakat Tuban Keluhkan Harga Bahan Pokok yang Kian Melonjak   |   18:00 . Pemasangan Spanduk Ajakan Awasi Pemilu Dinilai Kurang Tepat, Bawaslu Tuban: Itu Sampling   |   17:00 . Resep Ramuan Awet Muda Kunir Asem yang Dibagikan dr Zaidul Akbar   |   16:00 . UMK 2024 Naik 4.56 Persen, Buruh di Tuban Masih Merasa Kecewa   |   15:00 . Korban Kurang Kooperatif, Polisi Sulit Ungkap Kasus Tangan Putus di Widang Tuban   |   14:00 . Berlaku 1 Januari 2024, Ini Daftar Lengkap UMK Jatim Terbaru   |   13:00 . Lirik Lagu Di Tepian Rindu - Davi Siumbing (Stand Up Comedian) Trending Youtube   |   12:00 . Pembuang Bayi di Tuban Belum Ketemu   |  
Sun, 03 December 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

BNPB Bersama Pemkab Tuban Gelar Geladi Peringatan Dini Bencana Banjir

bloktuban.com | Friday, 10 December 2021 20:00

BNPB Bersama Pemkab Tuban Gelar Geladi Peringatan Dini Bencana Banjir Kegiatan simulasi peringatan dini bencana banjir di Desa Ngadipuro, Kec. Widang. (Foto/Tim BPBD Tuban)

 

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Direktorat Peringatan Dini bersama Pemerintah Desa Ngadipuro Kapubaten Tuban, Jawa Timur menggelar simulasi peringatan dini bencana banjir. Hal ini sebagai upaya peningkatan kapasitas di bidang kebencanaan, khsususnya penguatan sistem peringatan dini bencana di Indonesia.

Kegiatan yang telah berlangsung sejak 10 November 2021 hingga 9 Desember 2021 ini melibatkan sedikitnya 70 partisipan yang terdiri dari fasilitator dari BNPB dan BPBD, tim Siaga Bencana Desa Ngadipuro, perwakilan OPD Kabupaten Tuban hingga perwakilan masyarakat dari Dusun Jepuro dan Dusun Klewer.

Pada rangkaian kegiatan geladi dan simulasi tersebut, dilakukan pemasangan dan uji coba alat Early Warning Sistem (EWS) di dua lokasi, yakni di Mushola Al-Matab Desa Ngadipuro dan halaman rumah Kepala Desa Tambakrejo. Selain itu dilakukan pula workshop, finalisasi perlengkapan serta pembekalan geladi dan simulasi peringatan dini bencana banjir yang melibatkan masyarakat setempat.

Direktorat Peringatan Dini BNPB bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Tuban memfasilitasi pembangunan dan penguatan sistem peringatan dini banjir di Desa Ngadirejo dan Desa Tambakrejo melalui program Prioritas Nasional Tahun 2021.

Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan di 6 Kabupaten sepanjang aliran sungai Bengawan Solo yaitu Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Madiun.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto dalam sambutannya berharap melalui terbentuknya tim siaga bencana, mampu meningkatkan upaya pengurangan risiko bencana khususnya akibat banjir.

"Saya berharap peralatan dan pengembangan kapasitas masyarakat yang sudah dibangun melalui terbentuknya tim siaga bencana, mampu meningkatkan upaya pengurangan risiko bencana khususnya akibat banjir di sepanjang aliran sungai Bengawan Solo," ucap Yudi.

Kabupaten Tuban merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang rawan terhadap bencana. BNPB pada tahun 2020 telah menetapkan Kabupaten Tuban menjadi salah satu kabupaten yang memiliki tingkat risiko tinggi terhadap ancaman cuaca ekstrim, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan lahan dan kekeringan.

Kabupaten Tuban menempati posisi ke-145 dari 514 kabupaten/kota di Indonesia dengan indeks risiko sebesar 144,87 dan posisi ke-23 dari 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur dengan indeks risiko multi ancaman yang relatif tinggi.

"Sebagai salah satu upaya pengurangan risiko bencana, penyelenggaraan sistem peringatan dini yang efektif dan berbasis masyarakat menjadi suatu keniscayaan. Hal ini adalah sebagai tindak lanjut amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020 - 2024 dalam mewujudkan Indonesia Tangguh Bencana untuk Pembangunan Berkelanjutan," pungkas Abdul Muhari, Ph.D. Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangan resminya. [ali/col]

 

Tag : Simulasi, bencana, banjir



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...
-->

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 14 August 2023 11:00

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB PT Blok Tuban Promosindo yang menaungi website blokTuban.com kembali mendapat kepercayaan dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai tempat praktik Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) tahun 2023, Senin (14/8/2023)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat