06:00 . Potret Ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati di Tuban   |   05:00 . 10 Balita di Tuban Dimandikan di Sungai Bengawan Solo, Bakar Sajen lalu Diberi Paha Ayam Goreng   |   23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |   13:00 . Ini Jadwal dan Lokasi Semarak Agustus di Lamongan, Mulai Agustus Sampai Oktober 2022   |   12:00 . Selasa 9 Agustus 2022: Dua Hari Daging Ayam dan Bawang Merah di Tuban Turun, Diikuti Cabai Biasa   |   11:00 . Jawara Kicau Nasional, Burung Murai ini Ditawar Rp100 Juta   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jadi Percontohan Vaksin di Tingkat Kabupaten, Ini Kunci Kesuksesan Glodog

bloktuban.com | Tuesday, 07 December 2021 19:00

Jadi Percontohan Vaksin di Tingkat Kabupaten, Ini Kunci Kesuksesan Glodog Vaksinasi warga di Desa Glodog. (Foto: bloktuban.com/Dina)

 

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Pelaksanaan program vaksinasi di Kabupaten Tuban masih terus digencarkan. Pada Selasa (7/12/21) di Balai Desa Glodog, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban kembali digelar pelaksanaan vaksinasi dengan jenis Pfizer sebanyak 252 dosis vaksin. 

Sekretaris Desa Glodog, Samsul Huda mengungkapkan bahwa Desa Glodog pernah menjadi percontohan di tingkat kabupaten dalam penanganan vaksin.

“Kita sempat juga diberikan apresiasi sama Pak Kapolres waktu itu karena sebelum ada vaksin masal di beberapa tempat, desa kita sudah melakukan itu,” ujarnya.

Meskipun awalnya masyarakat masih banyak yang tidak menyambut program vaksin tersebut, Samsul mengungkapkan bahwa dengan memberi kesadaran dan melaksanakan sistem door to door, saat ini masyarakat Desa Glodog sudah mulai paham dan sadar bahwa vaksin memang diperlukan. 

“Mulai dulu kita lakukan itu, untuk Lansia, untuk dewasa juga yang belum vaksin, termasuk orang-orang pesisir. Kita kerjanya harus jemput bola juga,” ujarnya. 

Ia menambahkan, pengumuman dan selebaran saja tidak cukup untuk mengajak masyarakat vaksin, harus turun langsung untuk mengedukasi masyarakat. 

“Kita beri tahu langsung secara door to door itu, kalau vaksin ini tidak berefek apa-apa hanya untuk kekebalan tubuh kita. Rumor di masyarakat itu memang masih banyak, tapi saat ini setelah edukasi masyarakat datang sendiri,” jelasnya.

Adanya peraturan Bupati per 1 Desember terkait kepengurusan administrasi yang mewajibkan untuk menunjukkan kartu vaksin juga membantu peningkatan cakupan vaksin di Desa Glodog. 

“Artinya kan masyarakat saling membutuhkan, jangan haknya saja tapi kewajibannya juga perlu dilaksanakan. Di Desa sini sudah saya tegaskan kalau nggak menunjukkan kartu vaksin kita nggak akan layani,” paparnya.

Sekdes Glodog menambahkan, cakupan vaksinasi di Desa Glodog sudah tergolong tinggi. Ia menjelaskan bahwa Desa tersebut menjadi percontohan karena sebelum desa yang lain mengadakan vaksinasi Desa Glodog sudah melaksanakan hal tersebut. 

“Semua kita libatkan, kader-kader posyandu juga. Pokoknya kita support masyarakat, memberi perhatian, pokoknya kita harus saling tahu antara hak kewajiban itu tadi harus seimbang, akhirnya ya banyak yang sadar,” ungkapnya.[din/col]

 

 

Tag : Vaksin, hak, desa, glodog



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat