21:00 . Susur Sungai, BPBD Tuban Temukan Titik Bantaran Sungai Bengawan Solo Longsor   |   20:00 . Satreskrim Polres Tuban Tetapkan FZ Sebagai Tersangka Kasus Investasi Bodong   |   19:00 . Kapalnya Terbakar, Nelayan Palang Telan Kerugian Rp85 Juta   |   18:00 . Sidang Kedua Terdakwa Sabu Hotel Mustika, Saksi Polisi Diperiksa   |   17:00 . Menko Airlangga: Ada Empat Poin Penting untuk Pengembangan UMKM 2022   |   16:00 . Sidang Perdana Guru Spiritual Tuban Didakwa Setubuhi dan Cabuli Tiga Anak   |   15:00 . Penduduk Miskin Bertambah, KNPI Tuban Tawarkan Solusi ke Dinsos   |   14:00 . Juknis BOP RA Tahun 2022 Disosialisasikan, Ini Kriteria Siswa Penerima Bantuan   |   13:00 . Mahasiswa PMII Menuntut Pemkab Tuntaskan Kemiskinan di Tuban   |   12:00 . Perahu Nelayan Tradisional di Tuban Kota Tenggelam   |   11:00 . Tahun 2022, Jutaan Kelompok Rentan Terima Bansos, Mensos Pastikan Optimalisasi Peran Pendamping Sosial   |   10:00 . Peluang Usaha di Era Kekinian - Tuban Digital Forum   |   09:00 . Belalang Goreng, Kuliner Unik dengan Kandungan Protein Tinggi   |   08:00 . Mendag: Mulai Hari Ini Harga Minyak Goreng Rp14.000   |   07:00 . Masuk Musim Penghujan, Orangtua Yuk Kenali Gejala Demam Berdarah pada Anak!   |  
Wed, 19 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jadi Percontohan Vaksin di Tingkat Kabupaten, Ini Kunci Kesuksesan Glodog

bloktuban.com | Tuesday, 07 December 2021 19:00

Jadi Percontohan Vaksin di Tingkat Kabupaten, Ini Kunci Kesuksesan Glodog Vaksinasi warga di Desa Glodog. (Foto: bloktuban.com/Dina)

 

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Pelaksanaan program vaksinasi di Kabupaten Tuban masih terus digencarkan. Pada Selasa (7/12/21) di Balai Desa Glodog, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban kembali digelar pelaksanaan vaksinasi dengan jenis Pfizer sebanyak 252 dosis vaksin. 

Sekretaris Desa Glodog, Samsul Huda mengungkapkan bahwa Desa Glodog pernah menjadi percontohan di tingkat kabupaten dalam penanganan vaksin.

“Kita sempat juga diberikan apresiasi sama Pak Kapolres waktu itu karena sebelum ada vaksin masal di beberapa tempat, desa kita sudah melakukan itu,” ujarnya.

Meskipun awalnya masyarakat masih banyak yang tidak menyambut program vaksin tersebut, Samsul mengungkapkan bahwa dengan memberi kesadaran dan melaksanakan sistem door to door, saat ini masyarakat Desa Glodog sudah mulai paham dan sadar bahwa vaksin memang diperlukan. 

“Mulai dulu kita lakukan itu, untuk Lansia, untuk dewasa juga yang belum vaksin, termasuk orang-orang pesisir. Kita kerjanya harus jemput bola juga,” ujarnya. 

Ia menambahkan, pengumuman dan selebaran saja tidak cukup untuk mengajak masyarakat vaksin, harus turun langsung untuk mengedukasi masyarakat. 

“Kita beri tahu langsung secara door to door itu, kalau vaksin ini tidak berefek apa-apa hanya untuk kekebalan tubuh kita. Rumor di masyarakat itu memang masih banyak, tapi saat ini setelah edukasi masyarakat datang sendiri,” jelasnya.

Adanya peraturan Bupati per 1 Desember terkait kepengurusan administrasi yang mewajibkan untuk menunjukkan kartu vaksin juga membantu peningkatan cakupan vaksin di Desa Glodog. 

“Artinya kan masyarakat saling membutuhkan, jangan haknya saja tapi kewajibannya juga perlu dilaksanakan. Di Desa sini sudah saya tegaskan kalau nggak menunjukkan kartu vaksin kita nggak akan layani,” paparnya.

Sekdes Glodog menambahkan, cakupan vaksinasi di Desa Glodog sudah tergolong tinggi. Ia menjelaskan bahwa Desa tersebut menjadi percontohan karena sebelum desa yang lain mengadakan vaksinasi Desa Glodog sudah melaksanakan hal tersebut. 

“Semua kita libatkan, kader-kader posyandu juga. Pokoknya kita support masyarakat, memberi perhatian, pokoknya kita harus saling tahu antara hak kewajiban itu tadi harus seimbang, akhirnya ya banyak yang sadar,” ungkapnya.[din/col]

 

 

Tag : Vaksin, hak, desa, glodog



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more