15:00 . Bupati Blora Ziarah ke Makam Tjitrosoman Tuban   |   14:00 . TNI AD dan PMI Tuban Terus Kolaborasi Penuhi Pasokan Darah Saat Pandemi   |   12:00 . Jelang Nataru, Harga Cabai Rawit di Tuban Naik Menjadi Rp65 Ribu per Kilogram   |   11:00 . Wacana Difabel Tuban, Terima PKH, Ruang Kreasi, dan Diantar Jemput ke Sekolah   |   10:00 . Bupati Tuban Halindra akan Buat Cekungan di Bekas Galian Tambang   |   09:00 . Kepergok Curi Karet Bekas Belt Conveyor Milik PT. SBI, Dua Warga Sekitar Perusahaan Ditangkap   |   08:00 . Pelajar Tuban Peduli Korban Semeru, Mulai Salat Gaib hingga Galang Dana   |   07:00 . Cara Atasi Lemas dan Ngantuk Habis Sarapan Menurut Ahli Gizi   |   20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |   13:00 . 7 Kali Dipenjara, Warga Merakurak Lagi-lagi Gasak Handphone Tetangga   |   12:00 . Lepas Sambut Dandim 0811 Tuban, Bupati Halindra Ungkap Kenangan Manis Bersama Viliala Romadhon   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Komisi 1 DPRD: Idealnya PPKM 3 Nataru Tak Harus Diterapkan Semua Daerah

bloktuban.com | Wednesday, 24 November 2021 16:00

Komisi 1 DPRD: Idealnya PPKM 3 Nataru Tak Harus Diterapkan Semua Daerah Ketua Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, Fahmi Fikroni. (Foto: dokumentasi bloktuban.com)

 

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Ketua Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, Fahmi Fikroni meminta Satgas Covid-19 meningkatkan kewaspadaaannya saat libur Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Jangan sampai euforia libur memicu kenaikan kasus corona di Tuban yang saat ini terkendali.

"Apa yang sudah dilakukan oleh satgas Covid Tuban sudah baik tetkait penanganan dan penanggulangan Covid, akan tetapi saran kami Satgas Covid-19 juga harus selalu waspada agar Tuban tetap kondusif," ujar Fahmi Fikroni kepada Reporter blokTuban.com, Selasa (23/11/2021).

Mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022, Pemerintah pusat berencana menerapkan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia. Kebijakan serentak tersebut untuk mencegah penyebaran Corona saat liburan.

Roni tidak sepakat kebijakan ini. Alasannya, idealnya ada kebijakan khusus bagi daerah yang mampu mengendalikan pandemi.

"Kami tidak sepakat kalo kebijakan pusat itu juga diterapkan di daerah-daerah. Harus nya ada perlakuan khusus untuk daerah yang sudah bisa terkendali kasus corona nya contoh seperti Tuban. Kami kasihan kepada para pengusaha, pedagang kalau PPKM diterapkan lagi, karena dampaknya sangat luar biasa," imbuh Ketua FPKB DPRD Tuban itu.

Sikap DPRD Tuban selaras dengan curahan hati pengelola wisata di Kabupaten Tuban. Muhasan pengelola wisata Pantai Kelapa di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang sebelumnya mengatakan kebijakan memperpanjang PPKM Level 3 dengan indikator vaksin, jujur yang ada di akar rumput berpikirnya sederhana. Tidak mungkin masyarakat bisa membuat vaksin sendiri lalu menyuntikkannya.

"Tentunya hal itu sudah menjadi tugas dari pemerintah," kata Muhasan.

Suara hati kecil pengelola wisata Tuban menolak pemberlakuan kebijakan di seluruh Indonesia. Begitupun seandainya seiring meningkatnya Corona dan terjadi penutupan, maka secara rasional sulit untuk mengawalinya.

Pihaknya berharap opsi penutupan objek wisata tidak kembali terjadi. Kebijakan harus benar-benar dikaji dari bebagai sisi. Sesuai infomasi yang berkembang, bahwa hidup manusia akan berdampingan dengan Corona karena gejalanya seperti flu.

"Ketika musim Pancaroba rata-rata semua orang terserang flu dan lain sebagainya. Kali ini timbullah Covid-19 bukannya kami tidak percaya tapi penutupan sebuah tempat wisata yang menyangkut hajat hidup orang banyak maka dampaknya luar biasa," terangnya.

Dalam praktik pelaksanaan PPKM Level 3 di Tuban nantinya, dikatakan Kepala Satpol PP Kabupaten Tuban, Hery Muharwanto aturannya tidak jauh berbeda dengan aturan-aturan sebelumnya.

"Pesta kembang api hingga pawai rencannya dilarang. Patroli gabungan akan dilakukan saat Nataru. Kami harapkan setelah liburan kasus Corona tidak meningkat," sambungnya.

Hery mengatakan, pengetatan dan pembatasan saat Nataru tahun 2021, tidak jauh berbeda dengan Nataru tahun sebelumnya. Diharapkan sinergitas semua pihak supaya kasus corona di Tuban tetap terkendali. [ali/col]

 

 

Tag : PPKM, level 3, masyarakat, covid



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more