Kartar Desa Klotok Ajak Semangat Bangun NKRI

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Hari pahlawan yang jatuh pada 10 November terus diperingati oleh masyarakat setiap tahunnya. Meskipun sudah berselang beberapa hari, namun masih ada sebagian masyarakat yang memperingati hari pahlawan tersebut.

Hari pahlawan sendiri diperingati guna mengenang serta menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi masa kini, dengan tujuan agar muda mudi Indonesia memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk ikut serta membangun NKRI.

Untuk menyemarakkan peringatan hari pahlawan ada berbagai macam acara yang dilakukan oleh masyarakat seperti melakukan upacara, mengadakan perlombaan, ngonthel bersama atau bahkan jalan sehat seperti yang diadakan oleh karang taruna Desa Klotok, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban setiap tahunnya.

“Ini acaranya jalan sehat yang diadakan oleh karang taruna Desa Klotok dengan tujuan untuk memperingati hari pahlawan yang diadakan setiap tahun tapi dengan tema yang berbeda,” ujar Afif, salah satu panitia jalan sehat yang bertugas di lapangan saat ditemui blokTuban.com pada Minggu (14/11/2021).

Acara yang berlangsung di Balai Desa Klotok itu dimulai pukul 06.00 Wib dihadiri sekitar 300 peserta, dari warga setempat dan juga tetangga desa yang diikuti semua kalangan mulai anak-anak, remaja hingga dewasa, semua membaur menjadi satu dalam keceriaan.

Untuk bisa ikut serta dalam kemeriahan acara tersebut, para peserta wajib membeli kupon hadiah yang telah disediakan oleh panitia. Nantinya kupon atau tiket yang telah dibeli akan diundi petuga dipenghujung acara.

“Dari jumlah penjualan tiket hadiah ada sekitar 4.000 yang terjual tapi biasanya orang satu kadang ada yang beli 5 atau 10  kupon jadi yang datang nggak sampai segitu,” terangnya.

Satu tiket undian yang diperjual belikan tersebut sangatlah murah, hanya Rp2.500 saja pertiketnya dan para peserta yang memiliki tiket berkesempatan untuk memenangkan hadiah-hadiah yang sudah disediakan oleh pihak penyelenggara.

“Hadiah ada banyak yang utamanya ada 3 sepedah minion terus ada juga barang-barang elektronik, sama hadiah-hadiah hiburan lain,” ucapnya.  

Selain dari hasil penjualan kupon, dikatakan Afif, hadiah-hadiah yang dibagikan tersebut merupakan sumbangan dari para donatur yang ada di Desa Klotok.

Selain jalan sehat dan juga pembagian hadiah, peringatan hari pahlawan tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan seni Reog oleh putra-putri pelestari budaya Desa Klotok serta Gen-X accoustic.

“Ada juga bazar pasar ibu yang dilakukan oleh ibu-ibu dari Dusun Landean sama Lounching Produk melon dari ibu-ibu PKK,” tuturnya.

Untuk kedepannya Afif berharap agar karang taruna yang ia ikuti, semakin sering membuat acara yang melibatkan banyak masyarakat Desa Klotok, mengingat sebelumnya sempat tidak aktif untuk beberapa dekade. [sav/mu]