Umat Klenteng KSB Tuban Gelar Ritual Peringatan Ulang Tahun Dewa Se Mien Fo

 

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Umat Tri Dharma Klenteng Kwan Sing Bio Tuban menggelar ritual peringatan ulang tahun Dewa Se Mien Fo atau dewa bermuka empat di Kuil Se Mien Fo Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) Tuban, Selasa (9/11/2021).

Pantauan blokTuban.com, dalam ritual peringatan Hari Ulang Tahun Dewa Se Mien Fo ke-II tersebut, umat Tri Dharma Klenteng KSB Tuban juga menghadirkan tarian-tarian tradisional dan juga barongsai.

Penilik Demisioner Klenteng KSB Tuban, Alim Sugiantoro menyampaikan, dalam ritual peringatan ulang tahun Dewa Se Mien Fo ini umat Tri Dharma Klenteng KSB Tuban menggelar ritual berdoa bersama agar wabah Covid-19 di Indonesia ini segera hilang.

"Agendanya kita berdoa supaya wabah Covid-19 di Indonesia sirna dan masyarakat bisa kembali beraktifitas seperti biasanya," terang Alim Sugiantoro kepada wartawan.

Selain berdoa agar Covid-19 sirna, umat Tri Dharma Klenteng KSB Tuban juga berdoa untuk kerukunan umat beragama. "Kami juga mendoakan untuk kerukunan umat beragama. Terlebih di Klenteng KSB Tuban ini terdiri dari agama Khonghucu, Tao, dan juga Budha," imbunya.

Sementara itu, Banthe Wijananda Masadiku Mahadera mengatakan, hari ini umat Tri Dharma Klenteng KSB Tuban melaksanakan pemujaan kepada Maha Brahmana atau catur muka dewa. Pemujaan ini dilakukan oleh seluruh umat Budha yang ada di dunia.

"Jadi setiap 9 November secara Internasional kita bersama-sama melaksanakan upacara tradisi, yaitu membacakan doa-doa di altar Se Mien Fo," terangnya.

Dia menambahkan, pada masa pandemi Covid-19 ini pemujaan terhadap Dewa Se Mien Fo dilakukan dengan jumlah umat yang terbatas. "Dan kita selalu berdoa semoga Covid-19 ini segera berakhir, sehingga kita bisa bebas beraktifitas seperti biasanya," imbunya.

Diketahui, pada kesempatan itu hadir juga Bhante dari Jakarta Bhante Khanit Sannano yang juga Sekretaris Jenderal DPP Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi).[hud/col]