07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   20:00 . Pemkab, Salurkan Bantuan untuk Korban Gunung Semeru   |   19:00 . Jadi Percontohan Vaksin di Tingkat Kabupaten, Ini Kunci Kesuksesan Glodog   |   18:00 . Mendag: Sukses Beradaptasi, Bisnis Waralaba Jadi Tuan di Negeri Sendiri   |   15:00 . Babak Pertama, Persatu Tertinggal 1-0 dari Persewangi   |   14:00 . Momen HDI, Bupati Tuban Halindra Kabarkan Perkembangan Raperda Difabel   |   13:00 . PPKM Level 3 se-Indonesia Batal, Disiplin Prokes di Pasar Tradisional Tuban Digalakkan Lagi   |   12:00 . Masyarakat Tuban Mulai Antusias dan Tak Takut Ikut Vaksin   |   10:00 . TPPI Latih Pelaku UMKM Tuban Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan   |   09:00 . Lima Inovator SIG Pabrik Tuban Juara Pertama Award on Innvation 2021   |   08:00 . 100 Perempuan Pelaku Usaha Kuliner dan Kreatif Tuban Berdaya Selama Pandemi Covid-19   |   07:00 . Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Membentuk Kepribadian Anak yang Disiplin   |   21:00 . Satpol PP Peringatkan PKL yang Sengaja Tinggalkan Gerobaknya di Trotoar   |   20:00 . Selama Pandemi Data Pemilih Tuban Bertambah Menjadi 942.644 Orang   |   19:00 . Tidak Perlu Takut, TB Bisa Sembuh dengan Rutin Minum Obat Selama 6 Bulan   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Angkutan Reguler Semen Babat Jakarta Kembali Dijalankan

bloktuban.com | Saturday, 16 October 2021 13:00

Angkutan Reguler Semen Babat Jakarta Kembali Dijalankan Direktur Utama PT Semen Gresik (anak usaha SIG) Subhan bersama Direktur Niaga PT KAI Dadan Rusdiansyah memberangkatkan kereta yang mengangkut semen dari Babat ke Jakarta.

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Wujud sinergi dan kolaborasi antar BUMN, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) meresmikan angkutan reguler semen dari Babat ke Gudang di Jakarta, Jumat (15/10).

Pemberangkatan perdana angkutan semen untuk produk Semen Gresik menggunakan kereta api ini dilakukan oleh Direktur Niaga PT KAI Dadan Rusdiansyah bersama Direktur Utama PT Semen Gresik (anak usaha SIG) Subhan di Stasiun Babat, Lamongan.

Direktur Utama PT Semen Gresik, Subhan menjelaskan, biaya logistik di Indonesia saat ini cukup besar di kisaran 24 persen dari PDB (Produk Domestik Bruto). Karena itu, biaya logistik menurutnya sangat penting untuk di maintain. Kolaborasi ini akan menciptakan efisiensi, acceptability produk, serta kecepatan produk sampai ke konsumen juga akan semakin baik.

Di tahap awal ini , lanjut Subhan, 400 ton semen diangkut menggunakan 10 gerbong kereta dari Stasiun Babat Lamongan menuju Jakarta, setelah sebelumnya dilakukan tahap uji coba dengan hasil yang baik. Di awal ini volumenya masih kecil.

"Kita berharap dan berdoa kerjasama ini dapat terus berjalan dengan baik sehingga volume dapat ditingkatkan. Jika volume semakin tinggi maka manfaatnya akan sangat luar biasa. Bisa berdampak kepada SIG sebagai produsen dan KAI sebagai transporter, serta sangat baik bagi dan tentunya bagi konsumen juga lanjutnya," tuturnya dalam siaran resmi yang diterima blokTuban.com, Sabtu (16/10/2021).

Peresmian angkutan reguler semen relasi Babat-Jakarta Gudang ini menurutnya menjadi strategic tools bagi kedua perusahaan dalam mendukung logistik semen. Terlebih kondisi pandemi telah membuat semua ekosistem bisnis mengalami tekanan. Karena itu sinergi dan kolaborasi menurutnya menjadi hal penting untuk memperkuat perusahaan.

Angkutan semen menggunakan kereta dari Babat menuju Jakarta ini menurut GM of Transportation Management SIG, Freddy Agung Prabowo sebelumnya pernah dilakukan namun harus terhenti karena masih terdapat beberapa kendala. Dengan sejumlah perbaikan dan inovasi, tahun ini penggunaan mode transportasi kereta api ini kembali dijalankan.

"Tahun ini kembali kita jalankan dengan perubahan pola menggunakan palet sehingga menjamin keamanan semen tidak rusak. Tahap awal ini ada 400 ton semen tiap hari diangkut menggunakan 10 gerbong kereta," sambung Freddy.

Pengiriman produk Semen Gresik menggunakan kereta ini menurutnya untuk memenuhi kebutuhan pasar di regional 2 khususnya wilayah DKI Jakarta. Selain Babat-Jakarta, saat ini SIG Group juga menggunakan moda transportasi kereta di Cilacap, Solo, Yogyakarta, dan Padang. Kedepan SIG menurutnya akan mengkombinasikan semua mode transportasi dengan pertimbangan tingkat efisiensi dan kecepatan pengiriman untuk memastikan ketersediaan barang di pasar.

Sementara Direktur Niaga PT KAI, Dadan Rusdiansyah mengaku siap mendukung pengiriman produk Semen Gresik menuju Jakarta. PT KAI menurutnya telah melakukan evaluasi dari uji coba yang dilakukan sebelumnya untuk memastikan proses operasional angkutan semen semakin lancar.

"Setelah operasionalnya lancar harapannya dapat meningkatkan volume sehingga tarif tentu akan lebih kompetitif, tuturnya.

Dadan menyebut telah menyiapkan kereta khusus untuk angkutan reguler semen relasi Babat-Jakarta Gudang ini. "Kami siap sekali untuk menerima angkutan semen, berapa pun kami siap. Tiap hari kami siapkan rangkaian 30 gerbong," terangnya.

Peresmian ini merupakan tindak lanjut dari MoU Kerjasama Optimalisasi dan Pengembangan Angkutan Barang antara SIG dan KAI yang disepakati November tahun lalu. Kerja sama ini meliputi beberapa kegiatan, antara lain peningkatan angkutan berbasis kereta api dan sewa tanah atau bangunan untuk jangka menengah dan jangka panjang.

Berikutnya, melakukan kajian bersama untuk rencana komersial dan operasional terkait jalur dan prasarana kereta api untuk mendukung distribusi produk-produk SIG. Serta pengembangan bentuk kerja sama potensial lainnya yang dapat meningkatkan manfaat bisnis kedua belah pihak. [ali/mu]

 

Tag : angkutan semen, kereta api



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more