Fisip Unirow dan blokTuban.com Jalin Kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com  -Fakultas Ilmu Sosial  dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban menjalin kerjasama dengan bebeberapa perusahaan media yang ada di Tuban dan Bojonegoro serta organisasi kewartawanan.

Media blokTuban.com yang berkantor di Jalan Sunan Muria nomor 28 Kelurahan Latsari, Kecamatan  Tuban salah satunya yang kini resmi menjadi mitra kerjasama Fisip Unirow.

Penandatangan perjanjian kerjasama dilakukan oleh Dekan Fisip, Usep Supriatna dan Rektor Unirow, Supiana Dian Nurtjahyani bersama Pimpinan Umum blokTuban.com, Edy Purnomo di gedung rektorat lantai II, Sabtu (9/10/2021).

Selain blokTuban, Fisip juga menggandeng organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang berkantor di  Jalan Pramuka serta JTv Bojonegoro. Ketiganya bekerjasama tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan peningkatan profesionalisme dalam bentuk kuliah tamu, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan magang.

Dekan Fisip, Usep Supriatna mengatakan, kerjasama ini bertujuan meningkatkan sinergitas potensi sumber daya yang dimiliki kedua pihak untuk mewujudkan visi misi bersama. Di bagian kuliah tamu, tim blokTuban.com dapat menjadi narsumber dalam perkuliahan jurnalistik. Bisa melalui tatap muka, daring atau bentuk lain.

Bagian kedua, Fisip dan blokTuban sepakat melakukan penelitian bersama mengangkat isu berkaitan dengan pers. Sedangkan untuk bagian pengabdian kepada masyarakat, Fisip dapat melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberi materi atau pelatihan pada kegiatan pihak kedua.

“Fisip ke depannya dapat menempatkan mahasiswa untuk magang di media blokTuban.com,” ujar Usep.

Sedangkan Pimpinan Umum blokTuban.com, Edy Purnomo menyambut baik kerjasama ini karena memberi keuntungan kedua belah pihak. Fisip Unirow mendapat pengalaman lapangan dari blokTuban.com sebagai perusahaan siber lokal di Kabupaten Tuban yang berdiri sejak 2015. Sekaligus menjadi media online pertama di Tuban yang terverifikasi Dewan Pers, dengan memiliki bisnis media yang sehat dan konsisten menyuguhkan konten yang berkualitas untuk pembaca.

“Begitupula blokTuban.com mendapat semangat dan dukungan tentang literasi digital di tengah maraknya kasus hoaks, ujaran kebecian, pelecehan seksual dan kasus kriminal lain di tengah tingginya penggunaan internet di Indonesia,” tegas Edy.

Dikatakan Edy melansir Databokks Katadata bahwa penetrasi internet Indonesia pada akhir Maret 2021 sebesar 76,8 persen dari total populasi. Menurut data Internetworldstats, pengguna internet di tanah air mencapai 212,35 juta dengan estimasi total populasi sebanyak 276,3 juta jiwa.

Dengan capaian tersebut, Indonesia berada di urutan ke-15 di antara negara-negara Asia. Posisi Indonesia berada di bawah Kazhakhstan dan di atas Vietnam.

Posisi Indonesia tersebut berada di atas rata-rata penetrasi Asia sebesar 63,9 persen dari populasi 4,3 miliar jiwa dan juga di atas rata-rata dunia sebesar 65,7 persen dari estimasi total populasi 7,86 miliar jiwa.

“Dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia pada praktiknya masih banyak berita hoaks yang berseliweran. Sehingga kerjasama Fisip Unirow dan blokTuban kali ini waktu yang tepat memberi edukasi tentang literasi digital bagi mereka pengguna internet,” pesannya.

Ditutup Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian bahwa belakangan ini Unirow sebagai kampus swasta di jalan Manunggal Nomor 61 terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Mulai dari media, pengawas pemilu, kampus, hingga pelaku industri.

“Melalui sinergi ini harapannya bisa memajukan lembaga masing-masing,” Jelas Prof. Dian sapaan akrabnya. [ali/ono]