Bupati Tuban Sebut 300 Ribu Warganya Telah Divaksin

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menyebutkan vaksinasi Covid-19 terus dilakukan diwilayahnya setiap hari. Target vaksinasi 20 ribu dosis perhari bisa terpenuhi dan hingga saat ini 300 ribu lebih masyarakat Kabupaten Tuban telah menerima vaksin dosis pertama dan kedua.

"Kami optimis, dari target 900 ribu bisa terpenuhi. Kita akan terus upayakan ketersediaan vaksin agar vaksinasi bisa segera mencapai 70 persen lebih untuk mencapai kekebalan komunal," kata Bupati Lindra usai peninjauan vaksinasi di berbagai kecamatan.

Dalam peninjauannya, Lindra bersama Dandim 0811/Tuban Letkol. Inf. Viliala Romadhon, Kapolres Tuban AKBP Darman, Sekda, Asisten dan beberapa kepala OPD terkait. Sasarannya di Desa Tawaran, dan Sidomukti Kecamatan Kenduruan. Desa Mulyoagung Kecamatan Singgahan serta Desa Karanglo, Sidonganti, Hargoretno, Kedungrejo dan Tengger Kecamatan Kerek.

Peninjauan kali ini, lanjut Lindra untuk menguji kesiapan perangkat desa dan tenaga kesehatan setempat dalam menjalankan vaksinasi di desa. Kerjasama antara perangkat desa dengan tenaga kesehatan berjalan dengan baik, sehingga vaksinasi diseluruh desa terlaksana dengan lancar.

"Saya lihat di semua desa hari ini berjalan dengan lancar. Koordinasi antara perangkat desa dengan bidan desa juga sangat baik," imbuhnya.

Lindra juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Tuban agar tidak takut untuk vaksin. Vaksin covid 19 telah terbukti aman dan halal.

Salah satu penerima vaksinasi lansia, Martini 69 tahun asal Desa Hargoretno, Kecamatan Kerek mengaku telah menerima vaksin suntikan ke dua. Menurutnya, meskipun sedikit takut, ia yakin vaksin aman dan melindungi dirinya dari virus covid-19.

"Wis ping loro nak, yo radak nyeri, tapi yo biasa wae, yakin vaksin kui aman," sambung Martini usai menerima vaksin dosis ke dua nya di balai desa setempat.

Rincian jumlah vaksinasi yang dikunjungi akhir pekan ini oleh Bupati Lindra, Desa Tawaran Kenduruan menyediakan 200 dosis vaksin, Sidomukti Kenduruan 250 dosis. Lalu, Mulyoagung Singgahan 130 Dosis, Hargoretno Kerek 250 dosis, Desa Tengger Kerek 150 Dosis, Sidonganti Kerek 83 Dosis, dan Karanglo Kerek 200 dosis. [ali/lis]