19:00 . Wasit Keluarkan 2 Kartu Merah, Tim Salafiyah Kholidiyah Plumpang Lolos FInal   |   18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ponpes Langitan Adakan Haul Internasional yang ke-51 Secara Virtual

bloktuban.com | Thursday, 16 September 2021 13:00

Ponpes Langitan Adakan Haul Internasional yang ke-51 Secara Virtual

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Ponpes Langitan merupakan salah satu Pondok tertua di Pulau Jawa, yang didirikan oleh KH. Muhammad Nur pada tahun 1852 M. Banyak tokoh-tokoh besar dan pengasuh pondok pesantren yang dididik dan dibesarkan di Ponpes Langitan seperti KH. Kholil Bangkalan, KH. Hasyim Asy'ari, KH. Syamsul Arifin (ayahanda KH. As'ad Syamsul Arifin).

Sampai saat ini Ponpes Langitan masih terus berkembang dari masa ke masa,  dan kembali mengadakan perhelatan Haul KH. Abdul Hadi Zahid yang ke-51 dan masyayekh Ponpes Langitan pada Kamis,  (16/09/21).

KH. Abdul Hadi Zahid merupakan pengurus Ponpes Langitan generasi Ke-4, beliau merupakan putra menantu dari KH. M. Khozin, beliau menikah dengan Ning Juwairiyah pada usianya yang ke-25 tahun.

Tidak berselang lama KH. M. Khozin wafat dan kemudian digantikan oleh KH. Abdul Hadi Zahid, diusia yang masih sangat muda beliau mampu mengembangkan Ponpes Langitan dengan peningkatan yang sangat signifikan.

Hal ini dibuktikan dengan mulai dikembangkannya sistem pengajaran klasikal dengan berdirinya Madrasah Ibtidaiyah dan juga Madrasah Muallimin pada tahun 1949 M.

KH. Abdul Hadi Zahid memiliki keistimewaan berupa keistiqomahan dalam melakukan suatu hal, seperti salat berjamaah yang tak pernah absen, bahkan letak terompah dan jalan yang diambil ketika berjamaah selalu sama.

Pada tahun-tahun sebelumnya haul Langitan dilaksanakan dengan sangat meriah dengan dihadiri oleh ribuan orang. Namun berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini haul dilaksanakan secara virtual karena adanya wabah Covid-19 yang melanda Indonesia.

Haul Ponpes Langitan virtual ini bisa dilihat di YouTube resmi milik Ponpes Langitan yaitu Langitan Tv, selain itu haul virtual juga bisa diikuti dimasing-masing daerah yang diselenggarakan oleh pengurus KESAN seperti PCI, PW, PC, PAC, atau lembaga - lembaga lain yang telah terdaftar.

Acara Haul Internasional ini dibuka dengan simaan Khotmil Qur'an Bil Gholib yang bertempat di Musala Agung Ponpes Langitan Pada Rabu, (15/09/2021) pagi. Kemudian dilanjutkan dengan acara inti, pada keesokan harinya pada pukul 13.00 WIB yang juga disiarkan langsung  di YouTube Langitan Tv. [sav/sas]

Tag : haul, pondok, pesantren, langitan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat