Dihadiri Forkopimda, Vaksinasi Merdeka di Ponpes Muslimah Tuban Habiskan 750 Dosis

Reporter: Khoirul Huda


blokTuban.com - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tuban menghadiri pelaksanaan vaksinasi merdeka di pondok pesantren Modern Muslimah Tuban (MUTU) di Jalan Tuban-Babat KM 01 No. 54 Widengan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Selasa (7/9/2021).

Pelaksanaan vaksinasi merdeka dengan sasaran pondok pesantren dan rumah ibadah di seluruh indonesia tersebut dibuka secara virtual oleh Presiden Joko Widodo dari salah satu pesantren di Kabupaten Ponorogo. Kegiatan vaksinasi ini merupakan sinergi antara Polri dan Staf Khusus Presiden RI.

Pada kesempatan itu, Kapolres Tuban AKBP Darman menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi merdeka dengan sasaran pondok pesantren dan rumah ibadah ini Kabupaten Tuban menyediakan sebanyak 750 dosis.

"Di Kabupaten Tuban ada sebanyak 750 dosis untuk pelaksanaan vaksinasi merdeka hari ini," terang Kapolres Tuban.

Dia menambahkan, selain di pondok pesantren Modern Muslimah Tuban, pihaknya juga telah memerintahkan jajaran polsek turut serta melaksanakan vaksinasi di berbagai pondok pesantren di masing-masing wilayah. Hal itu untuk menciptakan Herd Imunity di lingkungan pesantren maupun di tempat ibadah.

"Kita telah memberikan vaksin di sejumlah pesantren yang jauh-jauh. Kita juga telah menyerahkan vaksin kepada Kapolsek-kapolsek untuk menunjuk pesantren di wilayah masing-masing, agar terjadi pemerataan," imbuh mantan Kapolres Sumenep tersebut.

Sementara itu, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi untuk pondok pesantren dan tempat ibadah ini merupakan program yang diinisiasi oleh Polres Tuban.

"Hari ini kita vaksinasi sebanyak 750 dosis kepada santriwati di pondok pesantren Muslimah Tuban," terang Bupati Tuban.

Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi merdeka, pihaknya juga meresmikan Bank Sekolah dan Kopontren Muslimah Tuban sebagai upaya pihak pesantren untuk memberikan bekal kepada santriwati ketika sudah lulus dari pesantren.

"Hari ini kita juga meresmikan Bank Sekolah dan Kopontren Muslimah Tuban. Yang mana ini merupakan trobosan untuk memberikan bekal kepada santriwati agar siap bersaing ketika nanti sudah keluar dari pesantren," pungkas Bupati.

Sebatas diketahui, pada kesempatan itu Pemkab dan Polres Tuban juga menyerahkan bingkisan kepada santri serta pengurus pondok pesantren.[hud/sas]