Sedekah Bumi di Pemandian Bektiharjo, Warga Beri Makan Kera dan Ikan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Warga Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding dan sejumlah desa di sekitarnya menggelar kegiatan sedekah bumi di sendang pemandian Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Rabu (25/8/2021).

Sedekah bumi tahun ini tidak menggelar kegiatan tayuban seperti biasanya karena pandemi Covid-19. Kendati begitu, ratusan warga tetap antusias mengikuti kegiatan tumpengan dan doa bersama dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Selain tumpengan serta memanjatkan doa, di kegiatan sedekah bui ini para warga juga memberikan makanan kepada kera  serta ikan yang berada di kawasan sendang pemandian.

"Iya, ini juga sekaligus memberikan makan kepada kera dan ikan di area pemandian Bektiharjo. Kera diberi makan nasi dan sayuran sedangkan ikan diberi makan nasi putih," terang Wartini (54) warga Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding.

Juru kunci sendang pemandian Bektiharjo, Hartono (68) mengatakan, kegiatan sedekah bumi ini dilakukan setiap tahun, tepatnya pada Rabu Pon sebagai wujud syukur kepada Allah SWT.

"Tujuannya sedekah bumi ini untuk memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan sumber mata air bektiharjo untuk mencukupi kebutuhan air warga sehari-hari," kata Hartono.

Menurutnya, kegiatan sedekah bumi ini warga juga memberikan makan kepada kera dan ikan. Sebab, kera dan ikan juga turut menjaga kelestarian alam di sekitar sendang pemandian Bektiharjo.

"Dengan sumber mata air Bektiharjo ini kita dapat makan dari hasil pertanian. Sehingga kita berbagi rizki dengan memberikan makan kepada kera dan ikan," jelas pria yang akrab disapa Mbah Hartono tersebut.

Diketahui, kegiatan sedekah bumi ini diikuti dari warga 5 desa di Kecamatan Semanding, yakni Desa Bektiharjo, Prunggahan Wetan, Prunggahan Kulon, Semanding dan Tegalagung.[hud/ono]