Posting Kaus Jokowi 404: Not Found di Twitter, Warga Palang Tuban Minta Maaf di Mapolres

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Polres Tuban mengamankan seorang pria asal Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Pria bernama Riswan (29) tersebut diamankan setelah memposting desain kaus Jokowi 404: Not Found di akun twitter miliknya @OmBrewok3, pada Sabtu (14/8/2021) kemarin.

Saat dikonfirmasi blokTuban.com, Kasatreskrim Polres Tuban, AKP M Adhi Makayasa mengatakan, pelaku telah mengunggah postingan berupa desain kaos warna hitam yang ada foto Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dengan block penutup matanya dengan tulisan 404 : Not Found.

Selain itu, pelaku juga mengunggah 2 foto orang yang disertai tulisan:

Jika para hakim sdh tdk bisa lg membedakan mana yang hag man yang batihil, utk apa da hakim ? Jika polisi sdh tdk bisa membedakn mana yg harus ditangkap & mana yang harus bebas lbh baik bubarkan saja polisi, wahai para pejabat tunjukan wujud asli kalian , kalo kalian benci terhadap ulama 

"Pria tersebut sudah kita amankan, pelaku juga mengakui telah memposting kedua postingan itu. Pelaku koperatif dan tidak kita tahan," kata Kasatreskrim Polres Tuban, AKP Adhi Makayasa, Kamis (19/8/2021).

Adhi mengungkapkan, pelaku sudah mengaku bersalah dan menyesal serta memohon maaf dengan membuat surat pernyataan tertulis, yang diketahui kepala desa dan keluarganya.

Pelaku juga membuat rekaman video yang menyatakan permintaan maaf terhadap masyarakat Indonesia, institusi kehakiman dan kepolisian, atas unggahannya tersebut. Pelaku juga sudah menghapus semua postingannya itu.

Dari keterangan yang didapat, pelaku memposting kaus tersebut dengan motif untuk jualan. "Motifnya jualan cari uang. Kita akan lakukan pengawasan terhadap pelaku, agar tidak mengulangi perbuatannya kembali," pungkasnya.[hud/ono]