15:00 . Bupati Halindra Tantang Atlet Tenis Meja   |   14:00 . PTMSI Gelar Kejuaraan Tenis Meja Porkab VI Tuban   |   13:00 . Nyaris Tertimpa Warung yang Ambruk   |   12:00 . Kades Tegalbang Minta Ada Riset, DLH: Peta Gas Tuban hanya di Sumber Merakurak   |   11:00 . Ketiga Kalinya Gas Keluar dari Galian Sumur Warga Desa Tegalbang   |   10:00 . Lebih Hemat Pakan, Peternak Lele di Tuban Berbagi Trik ke Pemula   |   09:00 . Manfaatkan Tradisi Ritual di Makam Wali untuk Kampanye Vaksinsasi   |   08:00 . Update Corona di Tuban Tambah 3 Kasus Positif Baru   |   07:00 . Benarkah Media Sosial Bikin Empati dan Rasa Tulus Masyarakat Berkurang?   |   21:00 . Langganan Banjir, Ini Kata Perangkat Desa Magersari   |   20:00 . Banjir di Pusat Kota Tuban, Bupati Sebut Sudah Ada Penanganan Konkrit   |   19:00 . Dam Deker Jebol, Puluhan Rumah Warga Simo Terendam Banjir   |   18:00 . Efektif, Kampanye Vaksin Saat Ritual Dawetan Bejagung   |   17:00 . Desa Klutuk Tambakboyo Diterjang Puting Beliung, Bangunan Rumah hingga Warung Hancur   |   16:00 . Surati Gubernur Jatim, Buruh Tuban Tolak Penerapan PP 36 Tahun 2021 di UMK 2022   |  
Sat, 27 November 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

KPM di Tuban Terima Komoditi BPNT Busuk, Dinsos Jatim Turun Gunung

bloktuban.com | Friday, 28 May 2021 10:00

KPM di Tuban Terima Komoditi BPNT Busuk, Dinsos Jatim Turun Gunung

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dinas Sosial Bidang Penangan Fakir Miskin Jatim melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Desa Samben dan Desa Plandirejo Kecamatan Plumpang pada, Kamis (27/05/21). Sidak tersebut sebagai upaya peningkatan pengawasan terhadap penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Sapto, perwakilan Dinsos Jatim tersebut menuturkan, pihaknya ingin memastikan kualitas bahan pangan yang sudah disediakan oleh agen dan supliyer yang ditunjuk oleh pihak Dinsos P3A Kabupaten Tuban. Selain itu, Dinsos Provinsi Jatim juga ingin mengklarifikasi terhadap laporan masyarakat bahwa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapat komoditi pangan kurang layak.

"Tujuan Sidak ini untuk klarifkasi terkait laporan masyarakat yang mendapatkan telur busuk," tutur Sapto.

Dari hasil sidak, lanjut dia, komoditi telur busuk yang sampai ke KPM sudah dilaporkanoleh kepada pendamping. Selanjutnya pendamping menyampaikan ke agen.

"KPM yang bersangkutan sudah saya ajak komunikasi untuk cerita kronologinya seperti apa. Berita tersebut memang benar. Namun cuma dua yang busuk. Setelah itu agen datang ke pihak KPM untuk diganti," imbuh Sapto di sela-sela acara tersebut.

Sapto mengklaim, yang dapat telur busuk hanya kebetulan. Pihaknya juga menghimbau agen untuk menjaga kualitas bantuan bagi warga yang rentan kemiskinan tersebut.

Ia juga menyarankan ke KPM, sebelum bahan pangan dibawa pulang dicek dulu. Sehingga jika terdapat komoditi pangan yang tidak layak konsumsi atau tidak sesuai dengan pedoman umum bisa ditukar secara langsung.

"Sering saya sampaikan di beberapa daerah, agar Dinas mengarahkan para supliyer dan agen dengan baik. Jika tidak bisa dibina, putus saja kontraknya," tegas Sapto.

Sementara itu Chusnan Aris selaku pendamping TKSK menyambung, ia selalu mengingatkan pada agen untuk selalu cek ulang beberapa komoditi yang akan didistribusikan ke KPM. Sehingga jika ada komoditi yang kurang layak, bisa diganti secara cepat.

"Hsil dari Sidak Dinsos Provinsi Jatim ini nanti akan segera ditindaklanjuti. Dengan demikian, pihak suplier dan agen bisa lebih selektif lagi untuk menjaga kualitas komoditi," ucapnya.

Di lain pihak KPM yang menerima komoditi BPNT tidak layak itu menuturkan, sebelum-sebelumnya tidak pernah menerima telur busuk. Ia juga mengaku sempat didatangi agen, setelah informasi tersebut viral. Namun ia enggan menerima gantinya.

"Sebenarnya saya sudah didatangi agen, telur busuk yang saya dapat mau diganti. Tapi saya tidak mau, wong cuam dua butir kok," pungkas KPM yang enggan disebutkan namanya tersebut. [rof/mu]

Tag : kpm, bpnt, dinsos, bantuan sosial



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more