20:00 . Mendag: Side Events G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |   19:00 . Personel Kodim Tuban Terima Vaksinasi Booster   |   18:00 . Ranting NU Patihan Gelar Perekaman Kartanu   |   17:00 . Hadir di MKNU PCNU Tuban, Begini Pesan Kiai Marzuki untuk Warga NU   |   16:00 . Berikut Tiga Major Project BKKBN untuk Akselerasi Penurunan Stunting 2024   |   14:00 . Ratusan Pekerja Semen Tuban Disuntik Vaksin Booster   |   13:00 . Kasus Omicron Terus Bertambah, Puncak Kenaikan Kasus Diprediksi pada Februari hingga Awal Maret   |   12:00 . Setelah Terbakar Pasar Baru Tuban Berganti Nama   |   11:00 . Dinsos Coret 101 ASN Tuban yang Cairkan Bansos Covid-19 dan Sanksi Pendamping   |   10:00 . Kurang Antusiasme dari Orang Tua, Hanya Sedikit Balita yang Datangi Posyandu   |   09:00 . Berikut Alasan Mengapa Makanan Diet Sehat Cenderung Lebih Mahal   |   08:00 . Pasar Tradisional dan Toko Kelontong Diberi Waktu Sepekan untuk Sesuaikan Harga Minyak Goreng   |   07:00 . Deteksi Gejala Demensia dari Kebiasaan Menonton Film, Apa Itu?   |   21:00 . Pandemi Covid-19 Terus Berlanjut, Perajin Gerabah Ngadirejo Berpindah Haluan   |   20:30 . Masa Tanam Selesai, Warga Desa Sugiharjo Rayakan Ulang Tahun Ternak Sapi   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Nikmatnya Santap Nasi Bakar Sambil Liburan di Pantai Tuban

bloktuban.com | Sunday, 23 May 2021 09:00

Nikmatnya Santap Nasi Bakar Sambil Liburan di Pantai Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Setelah kerja beberapa hari, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk liburan akhir pekan bersama orang-orang tersayang. Tak harus kaluar kota karena masih musim pandemi, liburan bisa dilakukan dengan datang ke beberapa pantai di Kabupaten Tuban.

Tuban dengan bentang pantai 65 kilometernya, memiliki beberapa objek wisata pantai yang bisa dikunjungi. Mulai dari Pantai Desa Gesikharjo, Pantai Kelapa di Kecamatan Palang, Pantai Boom di Kecamatan Tuban, Pantai Cemara dan Semilir di Kecamatan Jenu, maupun Pantai Sowan di Kecamatan Bancar.

Semua lokasi pantai tersebut memiliki daya tawar panorama menarik masing-masing, serta memiliki kuliner khas yang bikin pengunjung bergegas mencicipinya. Contohnya di Pantai Semilir Desa Socorejo, Kecamatan Jenu.

Jika sebelumnya kuliner andalan nasi pindang godong jati, sekarang pengunjung perlu mencicipi menu baru yaitu nasi bakar. Meskipun menu sederhana, tapi selalu menarik untuk segera disantap.

Selain kuat dengan kesan alami berbalut daun pisang sebagai pembungkus nasi, juga bau hangus daun pisang yang terbakar menebar aroma nikmat yang dapat menggugah selera makan.

Tak ada yang tahu pastinya asal makanan yang populer sekitar 2008 tersebut. Tetapi kuliner tersebut dapat dijumpai hampir di semua daerah di Jawa. Setiap membaca atau mengingat nasi bakar, yang terbayang adalah sekepal nasi gurih yang berbalut daun pisang.

Sekepal nasi itu biasa diisi dengan suwiran ayan, ikan, teri, hingga ampela. Variasi isi nasi bakar sendiri menjadi nilai tawar pembeli sesuai selera lidahnya.

Liburan di Pantai Semilir sambil menyantap nasi bakar, menjadi opsi sederhana untuk mengisi liburan bersama pasangan atau orang tua di Kabupaten Tuban. Nasi bakar tersebut dapat dibeli di Warteg Bu Santi atau 23 Kilometer ke arah barat dari Alun-alun Tuban.

Ada dua pilihan bagi pengunjung untuk menikmati nasi bakar Warteg Bu Santi, yang berisi ayam atau ati ampela. Setelah bungkusan dilipat, nasi kemudian dibakar di atas panggangan selama lebih kurang 10 menit. Saat daun pisang mulai layu dan beberapa bagian menjadi kering kecoklatan, nasi diangkat.

Dengan asap yang masih mengepul dan menebarkan bau harum, nasi bakar dihidangkan. Di tengah cuaca sejuk di tepi pantai Laut Jawa menyantap nasi bakar sangat tepat karena hangat. Meskipun sudah dingin, aroma dan kenikmatan nasi bakar pun tak lenyap.

Nasi bakar itu bisa dinikmati dengan harga terjangkau, yaitu Rp12.000 per porsi. ”Kami ingin menciptakan makanan asli Indonesia yang dikenal banyak orang. Di Tuban nasi bakar dapat pilih baik yang isian ayam maupun ati ampela,” ujar pengelola Warteg, Santi kepada Reporter blokTuban.com, Sabtu (22/5/2021). [ali/col]

 

Tag : Wisata, kuliner, Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more