19:00 . Angka Stunting Tuban 21,5 Persen, Dinkes Minta Persalinan Ditangani Nakes   |   18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pencairan DD Lamban Picu Ekonomi Desa Tersendat

bloktuban.com | Friday, 23 April 2021 09:00

Pencairan DD Lamban Picu Ekonomi Desa Tersendat

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda menekankan agar pencairan Dana Desa (DD) dilakukan secepat mungkin. Tujuannya, agar mampu meningkatkan kesejahteraan perangkat desa mengingat gaji perangkat desa bersumber dari DD.

Selain dapat  motivasi perangkat desa, pencairan DD di awal waktu akan mampu menggerakkan roda perekonomian di desa tersebut, Jumat (23/4/2021).

"Ini sangat dibutuhkan terutama pada masa pandemi Covid-19," ungkap Bupati Huda.

Selaras dengan upaya tersebut, Bupati menekankan agar dinas terkait mendampingi perangkat desa agar keterlambatan tersebut tidak terulang.

Pencairan DD tepat waktu diharapkan memotivasi aparatur untuk memberi pelayanan kepada masyarakat secara optimal. Perlu diimbangi dengan tersedianya SDM pejabat pemerintah kecamatan maupun desa yang kompeten.

Jika terdapat formasi perangkat desa yang kosong harus segera diisi sesuai dengan regulasi. Sehingga pelayanan masyarakat tidak tergganggu, kepuasan masyarakat dapat dimaksimalkan.

Bupati kelahiran Montong ini menyampaikan apresiasi kepada Camat Plumpang dan pihak terkait yang mampu meningkatkan kinerjanya dan mampu meningkatkan IKM.

"Bisa membawa IKM melonjak tinggi," tuturnya.

Meski demikian, Bupati yang juga alumni Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ini mengingatkan, agar capaian tersebut harus tetap dievaluasi untuk mengetahui permasalahan sekecil apapun dan sedini mungkin.

Sementara itu, Camat Plumpang, Saefiyudin menyebutkan IKM Plumpang mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam kurun waktu 3,5 tahun terakhir.

Pada tahun 2017, IKM Plumpang berada pada poin 75 dan mengalami kenaikan secara bertahap hingga pada tahun 2020 mencapai 88,67 dengan predikat sangat baik. "Ditargetkan, pemerintah kecamatan dapat mendukung program Pemkab Tuban mewujudkan pemerintahan kecamatan WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani)," ujarnya.

Pada tahun 2021 baru ada delapan desa yang mencairkan DD, sedangkan desa lain mengalami keterlambatan. Karenanya, diperlukan pendampingan di masa mendatang agar DD dapat cair lebih cepat. [ali/ono]

 

Tag : danadesa, alokasidanadesa, tuban, desa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat