07:00 . Inilah Manfaat Minum Air Putih setelah Bangun Tidur   |   17:00 . Pemkab Tuban Bakal Evaluasi Bansos Lebih Tepat Sasaran   |   16:00 . Jembatan Glendeng Masih Proses Anggaran Lagi?   |   15:00 . Bakpao Buatan Napi Lapas Menggugah Selera   |   14:00 . Tak Terdampak Covid-19, Anak-anak Alihkan BST ke Warga Kurang Mampu   |   07:00 . Awas, Ini Lima Risiko Penyakit Jika Pakai Lipstik Setiap Hari   |   17:00 . Curi Motor di Tuban, Dua Penadah Asal Banyuwangi Dibekuk Polisi   |   16:00 . Tumpukan Ban Bekas Terbakar, Nyaris Merembet ke Bengkel   |   15:00 . Predikat KLA Tuban Naik Jadi Tingkat Madya   |   12:00 . Banyak Warga Miskin Tak Dapat Bansos   |   08:00 . Bigini Landskap Media Digital di Indonesia Versi AMSI   |   07:00 . Lebih Baik Minum Air Panas saat Cuaca Panas, Ini Sebabnya!   |   18:00 . Gandeng Mahasiswa, Kapolres Tuban Bagikan Bansos Kepada Warga Terdampak Covid-19   |   17:00 . Warga Merakurak Meninggal Usai Pesta Miras di Jenu   |   16:00 . Simak Jadwal Dispensasi Perpanjang SIM Yang Habis Masa Berlakunya Saat PPKM   |  
Sun, 01 August 2021
Jl Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pasca Penangkapan Terduga Teroris di Tuban

Kemenag Tuban: KUA Hingga Majelis Taklim Ujung Tombak Berantas Paham Radikal

bloktuban.com | Tuesday, 06 April 2021 11:00

Kemenag Tuban: KUA Hingga Majelis Taklim Ujung Tombak Berantas Paham Radikal

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri beberapa hari yang lalu menangkap terduga teroris berinisial RH (40) warga Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban.

Menanggapi terkait hal itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Tuban, Sahid menegaskan perlu adanya upaya sinergitas dan kerjasama yang baik antara pihak kepolisian, ulama dan tokoh agama untuk memberantas radikalisme dan terorisme.

Kantor Kemenag mempunyai peran yang sangat signifikan dalam upaya memberantas paham radikal yang berkembang. Baik itu melalui Kantor Urusan Agama (KUA), Penyuluh, pesantren dan majelis taklim.

"Mari kita melakukan sinergi secara bersama-sama supaya paham radikal tidak menyebar ke berbagai kelompok lapisan di masyarakat. Maka di sinilah peran Kemenag sangat signifikan," kata Sahid, Selasa (6/4/2021).

Di tempat terpisah, Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Tuban, Mashari menambahkan, Kepala KUA di masing-masing kecamatan sebagai ujung tombak mempunyai peran yang penting untuk memberantas radikalisme.

"Kepala KUA mempunyai peran sebagai ujung tombak dalam memberantas radikalisme dengan cara bersinergi  bersama ulama, umara', aparat keamanan, maupun stakeholder terkait. Sehingga masing-masing bisa mempunyai peta wilayah dalam menangkal paham radikal," ujar Mashari dalam kegiatan Sosialisasi PMA No 29 tahun 2019 tentang Majelis Taklim di Gedung PLHUT Kemenag Tuban.

Lebih lanjut, berbicara tentang peran nyata dari Kantor Kemenag Tuban terhadap pencegahan radikalisme, intoleransi dan terorisme. Kantor Kemenag Tuban bersama BKMT dan Pemkab Tuban selalu menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi PMA No. 29 tahun 2019 tentang Majelis Taklim.

Mashari juga menyampaikan, peran dan tugas Majelis Taklim diantaranya adalah meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai ajaran Islam dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

"Selain itu, menajamkan makna 'Moderasi Beragama' menjadi hal yang sangat penting. Sebab kasus di Kecamatan Rengel beberapa waktu lalu informasinya yang bersangkutan mengaji hanya lewat YouTube, bukan mengaji lewat sumber kitab aslinya," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Badan Kontak Majelis Taklim Kabupaten Tuban, Umi Kulsum mengingatkan kepada semua yang hadir untuk bersama-sama mengedukasi kepada para anggota Majelis Taklim di daerah masing-masing.

"Selain itu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang arti toleransi beragama," kata Umi Kulsum.

Dia menjelaskan, Indonesia merupakan Negara Kesatuan yang terdiri dari bermacam-macam suku, ras dan agama sehingga bersama-sama harus menciptakan iklim yang kondusif tanpa melihat warna kulit dan agama. 

"BKMT dalam kiprahnya bisa memberikan pendekatan-pendekatan kepada masyarakat sesuai kajian dan ajaran yang tidak menyimpang, dan mentransfer ilmu sesuai sanadnya," pungkas Umi.[hud/ono]

 

Tag : kemenagtuban, radikalisme

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat