10:00 . KKondisi Terkini Mapolsek Astanaanyar Pasca Bom Bunuh Diri, Densus 88 Terjun ke Lokasi Kejadian   |   09:00 . Bom Bunuh Diri Meledak di Polsek Astanaanyar Bandung, Video Tersebar di Media Sosial   |   08:00 . Harga Emas AntamHari Ini 7 Desember 2022 Stagnan di Level Rp984.000   |   18:00 . Tak Bisa Berenang, Pelajar Tuban Tewas Tenggelam di Telaga Saat Mandi   |   17:00 . MTQ XXX 2022 Dibuka, Ajang Tuban Membumikan Alquran   |   16:00 . BNPB Tegaskan Erupsi Gunung Semeru Tak Picu Tsunami   |   15:00 . SAKIP Tuban Diganjar Predikat BB, Menpan RB Larang Birokrasi Ribet   |   14:00 . Bermula Dari Hobi, Produk Rajutan Warga Tuban Ini Diekspor Sampai ke Qatar   |   13:00 . IDe AsSALAM Antarkan UINSA Terima Penghargaan TOP 45 tahun 2022   |   12:00 . Serahkan Kaporlap pada Bhabinkamtibmas, Wakapolres Tuban : Kembalikan Kepercayaan Publik Kepada Institusi Polri   |   11:00 . Tak Patut Dicontoh, Video Dewasa Viral di Tuban dan Balita Ikut Terekam   |   10:00 . Anjlok Rp15.000 Per Gram, Harga Beli Emas Antam Turun di Level Rp984.000   |   09:00 . Erupsi Gunung Semeru di Indonesia, Jepang Waspada Ancaman Gelombang Tsunami?   |   08:00 . Doa yang Sering Diamalkan Rasulullah SAW Setiap Hari   |   07:00 . Jadwal Tayang Enam Film di Bioskop NSC Tuban 6 Desember 2022   |  
Wed, 07 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kunjungi Museum Kambang Putih, DPRD: Perlu Ada Renovasi

bloktuban.com | Saturday, 13 March 2021 16:00

Kunjungi Museum Kambang Putih, DPRD: Perlu Ada Renovasi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejarah telah mencatat bahwa Kabupaten Tuban adalah kota yang sangat terkenal sejak zaman majapahit, Selain itu, Tuban juga kaya akan warisan budaya dan peninggalan sejarah.

Keberadaan museum Kambang Putih selain sebagai tempat untuk menyimpan barang – barang bersejarah dan kuno juga bisa digunakan sebagai wisata edukasi bagi generasi masa depan. Banyak nilai sejarah yang bisa dipelajari dari barang - barang kuno yang menjadi koleksi museum Kambang Putih.

“Bangunan museum ini sudah cukup lama sehingga perlu dianggarkan untuk renovasi. Diharapkan bangunan itu nanti mampu mencirikan identitas asal usul Tuban, dan menarik minat anak cucu kita untuk belajar dan mengenal sejarah,” ujar Ketua Komisi 4 DPRD Tuban, Tri Astuti kepada blokTuban.com, Sabtu (13/3/2021) siang.

Pada kunjungan dalam kabupaten kali ini, Komisi 4 ingin melihat secara langsung bagaimana pengelolaan musium, perawatannya dan apa yang harus dibenahi mengingat keberadaan Museum Kambang Putih ini sebagai aset kebanggaan Tuban.

Kambang Putih sendiri memiliki nilai sejarah yang termuat dalam prasasti yang dikeluarkan oleh Raja Sri Mapanji Garasakan ( 1050). Pada saat itu menjadi pelabuhan  yang sangat ramai pada awal abad ke -11.

Tuban  waktu itu juga menjadi pusat industri kapal yang terkenal di Asia Tenggara pada abad ke - 16. Di dalam museum selain terdapat Al-quran yang di tulis di atas daluang berasal dari Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding Tuban pada abad ke -19, juga terdapat media merajut harmoni antar umat beragama yang tertuang dalam Kalpataru  yang terbuat dari kayu jati peninggalan Sunan Bonang (1445-1525).

“Selain peninggalan berupa prasati lain, juga ada keramik abad ke -7 dan barang-barang kuno yang bernilai sejarah juga berbagai senjata berupa keris,tombak dan lain-lain,” imbuh politisi Gerindra Dapil II itu.

Yang menarik bahwa di halaman belakang museum ini terdapat sebuah batu Tiban yang dalam legendanya mengenai asal usul TUBAN  dengan jatuhnya pusaka kerajaan Majapahit  berupa batu yang di bawa oleh kawanan burung Bangau. Wa(tu ) Ti(ban) ini bertuliskan 1400 saka.

“Kami berharap agar dinas terkait dalam hal ini adalah dinas pariwisata pemuda dan olah raga menjadikan Museum Kambang Putih ini sebagai sarana wisata edukasi dan bisa bersinergi dengan dinas pendidikan dan masuk pada promo wisata Tuban,” pungkasnya. [ali/sas]

Tag : museum, kambang putih, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat