Ratusan Prajurit Kodim 0811 Divaksin

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah 457 prajurit TNI dari jajaran Kodim 0811 Tuban, Minvetcad Tuban, Sub Denpom Tuban dan ASN menjalani vaksinasi Covid-19. Vaksinasi dijadwalkan tiga hari mulai hari ini di Aula Makodim setempat, Selasa (9/3/2021).

“Kali ini Kodim 0811 melakukan Vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac untuk TNI dan ASN. Untuk programnya dilaksanakan tiga hari di Aula Makodim 0811 Tuban. Untuk Kodim 0811 Tuban, Minvetcad Tuban, Sub Denpom Tuban dan ASN sasarannya sekitar 459 orang,” kata Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon, saat meninjau proses vaksinasi di lokasi.

Ada beberapa anggota prajurit Kodim 0811 Tuban yang tidak dapat mengikuti vaksinasi kali ini. Mereka merupakan prajurit yang saat ini sedang terpapar Covid-19 dan juga memiliki penyakit komorbit atau penyakit bawaan.

Dandim menambahkan, ada beberapa anggota Kodim 0811 yang pernah terkena Covid-19 dan saat ini mereka belum dapat melakukan Vaksin Sinovac. Mereka menunggu sampai tiga bulan setelah dinyatakan sembuh baru akan divaksinasi.

Selain itu, ada juga beberapa prajurit yang memiliki komorbit, diabetes tekanan darah tinggi dan lain sebagainya yang memang tidak boleh melaksanakan vaksinasi.

Dandim menyebut yang telah disuntik vaksin kali ini mengaku tidak merasakan gejala apapun. Setelah menjalani kegiatan vaksinasi ini diharapkan untuk beristirahat dulu di tempat observasi, dengan harapan apabila ada yang mengalami efek samping dapat langsung ditangangani Tim Medis.

Setelah kegiatan vaksinasi ini selesai, maka akan dilaksanakan tahap dua nanti setelah 14 hari dari disuntikan vaksin tersebut. Dandim sendiri vaksin bersama Forkopimda tidak terasa apa-apa, hanya terasa sedikit saja waktu disuntik, setelah itu masuk pada saat observasi juga tidak ada gejala apa pun, baik itu mungkin alergi, gatal-gatal ataupun sesak nafas.

"Alhamdulillah setelah divaksin kondisi sehat walafiat, apabila mengalami terjadinya efek samping maka Tim Medis siap menanganinya. Jeda waktu dilaksanakan vaksin tahap 2 yaitu 14 hari kedepan,” paparnya.

Lebih lanjut Dandim mengimbau kepada warga masyarakat agar tidak perlu takut dan khawatir untuk divaksin. Dia juga mengingatkan kepada masyarakat yang sudah divaksin untuk tetap menerapkan selalu akan Protokol Kesehatan.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan program vaksinasi dari Pemerintah yang sedang dilaksanakan sekarang. Tidak usah takut dan tidak usah khawatir akan vaksin ini, aman sekali bagi kita. Setelah melaksanakan vaksin kita jangan melupakan Protokol Kesehatan. Tetap lakukan 5M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Membatasi Mobilitas),” imbuhnya.

Hadir dalam giat tersebut Mayor Arh Teguh Prasetyo Wasis selaku Kasdim 0811/Tuban), Perwira Staf Kodim 0811 Tuban, Seluruh Danramil jajaran Kodim 0811 Tuban, Peltu Agung (Kapolkes 05.10.07 Tuban), Pelda Gaguk (Batih Polkes 05.10.07 Tuban), Aiptu Widodo (Kapolkes Polres Tuban), Tim Kesehatan Poliklinik 05.10.07 Tuban, Tim Kesehatan dari Polres Tuban, Anggota Kodim 0811 Tuban beserta jajaran, Anggota Minvetcad Tuban beserta jajaran, Anggota Sub Denpom V Tuban dan sebagai penanggung jawab Letda Inf Tarmudiyanto (Pjs. Pasi Pers Kodim 0811). [ali/col ]