21:00 . Gubernur Khofifah: Jatim Berpeluang Isi Kebutuhan Perawat di Luar Jawa   |   19:00 . Update Corona Tuban: 2 Kasus Baru 1 Sembuh 0 Meninggal   |   18:00 . Selamatkan Sumber Air, Rumah Zakat Tuban Tanam Ratusan Bibit Pohon di Desa Jadi   |   17:00 . Luka-Luka, Korban Tabrak Lari di Temandang Jalani Perawatan di RSUD   |   16:00 . Skateboard, Olahraga yang Digandrungi Para Pemuda Tuban   |   15:00 . Sedekah Sampah, Program untuk Didik Anak Peduli Daur Ulang Sejak Dini   |   14:00 . Pemuda Bandungrejo Meriahkan Hari Pohon Nasional dengan Pentas Musik dan Tanam Pohon   |   11:00 . Gus Syafiq: Jangan Samakan Muktamar dengan Pemilu, Sudahi Isu Pertikaian   |   07:00 . Manfaat Butterfly Hug bagi Kesehatan Mental, Efektif Redakan Stres dan Kecemasan   |   20:00 . PSHT Tuban Peringati HJT ke728 dengan Festival Pencak Silat   |   19:00 . Cegah Kerusakan Lingkungan, Komunitas Sobat Bumi Unirow Lakukan Ini   |   18:00 . Porkab VI Bawa Nilai Tambah bagi Pelatih Drum Band   |   17:00 . Tagana dan KSB Ronggolawe Adakan Lomba Mewarnai   |   17:00 . Tumbuhkan Kreatifitas di Era Digital, PBSI Unirow Tuban Gelar Pelatihan E-Mading Bagi Pelajar   |   16:00 . Alat Berat Bantuan Pertamina EP Sukowati Field Percepat Perbaikan Tanggul Avour yang Jebol   |  
Mon, 29 November 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Petani Binaan di Desa Bajo Rasakan Manfaat Program PSRLB

bloktuban.com | Tuesday, 09 March 2021 18:00

Petani Binaan di Desa Bajo Rasakan Manfaat Program PSRLB

Reporter: M. Nur Rofiq

blokTuban.com - Pertamina EP Asset 4 Field Cepu melakukan panen raya padi organik untuk keenam kalinya program Corporate Social and Responsibility (CSR) Pertanian Sistem Rice Intensification (SRI) Organik bersama Kelompok Tani Alam Sri di Desa Bajo, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora, Selasa (9/3/2021).

Pertamina EP Asset 4 Field Cepu mulai melaksanakan program PSRLB ini dari Juni 2018 di wilayah operasinya. Panen dilaksanakan di lahan milik kelompok tani dengan luas 12,3 hektare. Dengan hasil rata-rata panen padi mencapai 9- 11 Ton per hektarenya.

Eakib Ketua Kelompok Tani Bina Alam Sri Desa Bajo mengatakan, dengan metode tanam organik ini lahan menjadi bebas dari pupuk sintetis dan racun pestisida dan munculnya produk padi/ beras yang sehat sriorganik.

"Adanya program ini memunculkan inisiasi bertani yang ramah lingkungan dan berpeluang meningkatkan pendapatan ekonomi," ungkapnya kepada awak media.

Dia juga menyampaikan, bawasanya hari ini petani binaan program PSRLB di Desa Bajo sudah panen untuk ke-6 kalinya. Hasilnya, dari penelitian dan kajian yang dilakukan, produksi padi petani sudah murni menggunakan organik.

"Pertanian SRI organik ini mulai dilirik dan dikembangkan oleh petani desa lain sekitar Desa Bajo. Di antaranya Desa Bajo, Desa Wado, Desa Sogo, Desa Nglandean, Desa Tanjung, Desa Sidorejo, Desa Kedungtuban dan Desa Ngraho," ungkapnya.

Selain itu, dia juga menambahkan, gravik petani organik setiap tahunnya meningkat. Misalnya di tahun awal pembinaan pada tahun 2018 hanya 11 anggota dengan luas lahan 1,64 hektare di tahun 2019 meningkat menjadi 35 anggota dan dengan luas lahan 9,8 hektare dan di tahun 2020 meningkat menjadi 76 anggota dengan luas lahan 16,85 hektare.[rof/sas]

 

Tag : pertamina, ep, asset 4, cepu, field



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more