15:00 . Bupati Halindra Tantang Atlet Tenis Meja   |   14:00 . PTMSI Gelar Kejuaraan Tenis Meja Porkab VI Tuban   |   13:00 . Nyaris Tertimpa Warung yang Ambruk   |   12:00 . Kades Tegalbang Minta Ada Riset, DLH: Peta Gas Tuban hanya di Sumber Merakurak   |   11:00 . Ketiga Kalinya Gas Keluar dari Galian Sumur Warga Desa Tegalbang   |   10:00 . Lebih Hemat Pakan, Peternak Lele di Tuban Berbagi Trik ke Pemula   |   09:00 . Manfaatkan Tradisi Ritual di Makam Wali untuk Kampanye Vaksinsasi   |   08:00 . Update Corona di Tuban Tambah 3 Kasus Positif Baru   |   07:00 . Benarkah Media Sosial Bikin Empati dan Rasa Tulus Masyarakat Berkurang?   |   21:00 . Langganan Banjir, Ini Kata Perangkat Desa Magersari   |   20:00 . Banjir di Pusat Kota Tuban, Bupati Sebut Sudah Ada Penanganan Konkrit   |   19:00 . Dam Deker Jebol, Puluhan Rumah Warga Simo Terendam Banjir   |   18:00 . Efektif, Kampanye Vaksin Saat Ritual Dawetan Bejagung   |   17:00 . Desa Klutuk Tambakboyo Diterjang Puting Beliung, Bangunan Rumah hingga Warung Hancur   |   16:00 . Surati Gubernur Jatim, Buruh Tuban Tolak Penerapan PP 36 Tahun 2021 di UMK 2022   |  
Sat, 27 November 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

4 Cara Mengatasi Bingung Puting pada Bayi

bloktuban.com | Sunday, 27 December 2020 07:00

4 Cara Mengatasi Bingung Puting pada Bayi

Reporter: --

blokTuban.com - Menyusui merupakan momen yang intim antara ibu dan bayinya. Sewaktu menyusu, Si Kecil akan merasakan kedekatan secara fisik maupun emosional dengan Bunda. Namun, bagaimana jika ia mengalami bingung puting dan menolak untuk menyusu langsung dari payudara Bunda?

Bingung puting terjadi ketika bayi mengalami kesulitan untuk mengisap air susu ibu (ASI)langsung dari payudara. Hal ini biasanya dialami oleh bayi yang baru lahir atau bayi yang sudah terbiasa minum ASI dari botol. Bayi juga bisa mengalami bingung putting jika ia terlalu sering dibiarkan ngempeng.

Penyebab dan Gejala Bingung Puting

Bingung puting bisa disebabkan oleh terlalu cepatnya Bunda dalam mengenalkan botol susu atau dot kepada Si Kecil. Idealnya, Bunda baru boleh mengenalkan botol susu atau dot ketika Si Kecil berusia 4 minggu, atau ketika dia sudah mahir menyusu langsung pada payudara Bunda.

Selain itu, bingung puting juga bisa disebabkan oleh puting datar pada ibu atau tongue tiepada bayi.

Kondisi bingung puting ditandai dengan bayi yang terlihat bingung untuk menemukan dan menyusu pada puting ibu. Selain itu, kondisi bingung puting juga ditandai dengan kebiasaan bayi mengisap ASI melalui ujung puting, rewel, atau menolak saat disusui.

Bila dibiarkan, bingung puting dapat menyebabkan puting ibu lecet karena perlekatan antara mulut bayi dan puting yang tidak tepat, serta berkurangnya produksi ASI. Sedangkan pada bayi, bingung puting berisiko menyebabkan asupan nutrisi dari ASI berkurang.

Bantu Bayi Mengatasi Bingung Puting

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bingung puting pada bayi, yaitu:

1. Lakukan skin-to-skin saat menyusui

Menyusui secara skin-to-skin artinya membiarkan kulit bayi bersentuhan langsung dengan kulit ibu sewaktu ia menyusu, tanpa dibatasi oleh pakaian. Cara ini bisa membantu bayi lebih rileks dan mendorongnya untuk menikmati proses menyusu. Jika dilakukan secara rutin, menyusui secara skin-to-skin akan sangat membantu dalam mengatasi bingung puting yang dialami bayi.

2. Susui bayi dengan posisi yang tepat

Sebelum menyusui, pastikan Si Kecil sudah berada dalam posisi yang tepat ya, Bun. Pastikan juga posisi Bunda nyaman untuk menyusui dan perlekatan mulut Si Kecil ke payudara Bunda sudah benar. Bila Si Kecil telah terbiasa menggunakan empeng, sebaiknya dihentikan dulu, ya.

3. Susui bayi sebelum ia merasa sangat lapar

Bila selama ini Bunda hanya menyusui Si Kecil saat ia sudah terlihat sangat lapar dan menangis, hentikan kebiasaan tersebut. Alasannya, jika bayi mengalami bingung puting, kondisi lapar akan membuatnya semakin bingung dan lebih rewel, sehingga akhirnya proses menyusui tidak akan efektif.

Sebisa mungkin, susui Si Kecil sebelum ia terlalu lapar. Buatlah jadwal tetap untuk menyusui. Bayi yang baru lahir perlu disusui setiap 1,5- 3 jam, sedangkan bayi yang sudah lebih besar perlu disusui setiap 2-3 jam.

4. Tetap tenang

Bayi dapat merasakan kecemasan ibunya lho, Bun. Jadi, usahakan agar Bunda tetap tenang sewaktu menghadapi Si Kecil yang bingung puting. Cobalah untuk membiasakan Si Kecil menyusu langsung secara perlahan. Jangan memaksanya. Jadikan momen menyusui sebagai kegiatan yang menyenangkan.

Jika Si Kecil masih juga bingung puting dan tetap memilih untuk menyusu dengan botol, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter anakatau konsultan ASI untuk mendapatkan saran lebih lanjut. Jangan dibawa stres ya, Bun. Yang terpenting adalah memastikan kebutuhan nutrisi Si Kecil tercukupi dengan baik. [lis]
Sumber: halosehat.com

Tag : Menyusui, bayi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more