513 Nelayan Terima Kartu Asuransi Mandiri dari Pertamina NGRR Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebanyak 513 nelayan asal Desa Beji, Kaliuntu dan Mentoso Kecamatan Jenu menerima kartu nelayan. Kartu berisi asuransi nelayan mandiri tersebut bantuan dari PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PT PRPP) yang merupakan usaha patungan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI).

Bantuan tersebut sebagai tindak lanjut perjanjian kerja sama bantuan corporate social responsibility (CSR) antara PT KPI dengan koperasi nelayan yang berasal dari tiga 3 desa tersebut pada 23 November 2020 lalu.

Bantuan kartu asuransi nelayan mandiri tersebut diterima langsung oleh perwakilan koperasi nelayan masing-masing desa. 

Didampingi langsung oleh perwakilan tim CSR PRPP, pihak koperasi membuka posko di masing-masing balai desa dan kediaman anggota perangkat desa agar masyarakat dapat segera mengambil kartu asuransi. 

Protokol kesehatan ketat diterapkan dalam penerimaan kartu tersebut. Yakni dengan membatasi akses di lokasi pengambilan bantuan dan memastikan seluruh warga yang datang mengambil kartu asuransinya mengenakan masker. 

Selain itu, koperasi juga melakukan upaya jemput bola dengan menyerahkan kartu asuransi langsung ke alamat masing-masing penerima.

Tujuannya, seluruh nelayan yang sebelumnya telah terdata dan berhak menerima bantuan asuransi segera dapat menikmati perlindungan asuransi yang berlaku satu  tahun sejak 1 Desember 2020 hingga 1 Desember 2021 tersebut. 

“Terima kasih atas kepedulian Pertamina, semoga hal ini menjadi awal sinergi yang baik antara Pertamina dengan warga sekitar proyek NGRR Tuban,’’ ujar Kusnadi, Sekretaris Desa Kaliuntu.

Dia mengatakan, dengan punya kartu asuransi tersebut, para nelayan menjadi lebih tenang dan semangat melaut karena terlindungi dengan asuransi ini

Sebagai perusahaan energi nasional, PT Pertamina berkomitmen untuk senantiasa memprioritaskan keseimbangan dan kelestarian alam, lingkungan dan masyarakat.

Selaras dengan hal tersebut, Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical Kilang Pertamina Internasional melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama Corporate Social Responsibility (CSR) Proyek NGRR Tuban. 

Di antaranya terkait dengan penghijauan, asuransi nelayan mandiri, dan peningkatan fasilitas masjid dan musala di Desa Kaliuntu, Mentoso, dan Beji, Kecamatan Jenu pada 23 November 2020.

Penandatanganan yang dilakukan di Pendopo Krido Manunggal Tuban disaksikan Bupati Tuban, Fathul Huda, Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein, Sekda Tuban, Budi Wiyana.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical Kilang Pertamina Internasional, Ifky Sukarya mengatakan program CSR ditujukan untuk memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat dan pelestarian lingkungan terutama dalam pembentukan wawasan masyarakat untuk melestarikan lingkungan sekitar.

Selain sebagai proyek strategis nasional, keberadaan kilang minyak NGRR Tuban diharapkan mendukung pemberdayaan dan kemandirian masyarakat.

“Program ini sejalan dengan program Pemkab Tuban untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mencakup pendidikan, lingkungan, kesehatan, social, maupun ekonomi,” katanya.

President Director PT Pertamina Rosneft Pengolahan & Petrokimia, Kadek Ambara Jaya menambahkan kepedulian Pertamina juga ditujukan kepada nelayan di 3 desa. 

Pertamina menyelenggarakan sosialisasi berkaitan program CSR yang diikuti 800 nelayan. Mereka diberikan pemahaman tentang asuransi jiwa dan kecelakaan.

"Ke depannya, juga akan dikembangkan budidaya ikan dan tambak dengan melibatkan warga sekitar kilang, utamanya keluarga nelayan," tandasnya. [ali/ono]