Polda Jatim, Kodam V Brawijaya, dan Koarmada II Bagi Ribuan Masker di Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto dan Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI I. N.G. Sudihartawan melakukan kunjungan kerja ke Polres Tuban, Senin (9/11/2020).

Kedatangan mereka dalam rangka silaturahmi dan kunjungan untuk mengecek kesiapan Polres Tuban dalam menghadapi pilkada serentak di tengah pandemi Covid-19 Desember mendatang.

Guna menekan persebaran virus Covid-19 di setiap tahapan Pilkada, tiga pejabat tinggi di Kodam V Brawijaya, Koarmada II, dan Polda Jatim tersebut menyerahkan bantuan 12.500 masker. Diharapkan pencegahan dini terus di lakukan agar Pilkada di Tuban berjalan kondusif dan sesuai dengan protokol kesehatan.

"Jangan sampai ada peristiwa atau masalah yang tidak bisa kita antisipasi. Satu bulan kedepan kuping kita harus kita korek, mata kita tiap hari harus melotot, deteksi dini dan fungsi intelejen harus berjalan dengan baik sehingga setiap permasalahan bisa kita atasi," ucap Kapolda.

Kapolda juga berpesan, kepada anggotanya serta jajaran TNI agar peka dengan situasi sosial maupun situasi politik yang berkembang di Bumi Wali.

Pihaknya mengklaim, tolak ukur keberhasilan di Pilkada tahun 2020 ini bukan seberapa mampu menyelesaikan perkara, seberapa menangkap pelaku kejahatan, dan seberpa kebersihan menangkap pelaku kerusuhan. Namu, seberapa keberhasilan TNI/Polri mencegah supaya hal tersebut tidak terjadi.

"Saya pesan kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa, rekan Danramil dan Kapolsek tolong dimonitor betul potensi kerawanan dinamika sosial politik yang berkembang kedepan," pesannya di hadapan Forkopimda, PJU Polres Tuban dan Bhabinkamtibmas, Bhabinsa serta pengurus KTS di lokasi masing-masing secara virtual.

Di kesempatan yang sama, Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono memaparkan situasi wilayah hukum Polres Tuban saat ini masih dalam keadaan aman dan kondusif. Untuk menghadapi pilkada mendatang, Polres Tuban juga siap menerjunkan sebanyak 7322 personel gabungan.

"Pasukan yang akan kita terjunkan terdiri dari Polri sebanyak 590 personil, dibantu TNI 391 personil, Satpol PP 71 personil dan Linmas 6.270 personil dalam pengamanan pelaksanaan Pilkada Tuban 2020 beserta sarana dan prasarananya," sebut Ruruh.

Karena masih dalam pandemi, pertemuan ini digelar dengan Prokes Ketat. Pada kunjungannya tersebut, Kapolda Jatim juga menyempatkan untuk berkomunikasi dengan Bhabinkamtibmas, Bhabinsa serta pengurus KTS di lokasi masing-masing secara virtual. [rof/ito]