KPU Umumkan Dana Kampanye Tiga Paslon, Terbanyak Rp521 Juta

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban telah mengumumkan dana kampanye ketiga pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati di Pilkada 9 Desember 2020. Dari ketiga Paslon, dana terbanyak untuk kampanye sebesar Rp521.735.000.

Anggota KPU Tuban Devisi Teknis Penyelenggaraan, Nur Hakim mengatakan yang melaporkan dana kampanye terbesar adalah Paslon nomor 1 yakni Khozanah Hidayati dan M. Anwar.

Untuk Paslon nomor urut 2 Aditya Halindra Faridzki dan Riyadi melaporkan dana kampanye Rp200 juta dan Paslon nomor urut 3 Setiajit dan RM. Armaya Mangkunegara memiliki dana kampanye sebesar Rp285 juta.

"Hasil penerimaan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) peserta pemilihan bupati dan wakil bupati Tuban serentak lanjutan tahun 2020 telah kami umumkan dan ditempel di papan informasi depan Kantor KPU pada 1 November 2020," ucap Nur Hakim kepada reporter blokTuban.com di ruang kerjanya, Senin (2/11/2020).

Secara rinci, Nur Hakim menjelaskan penerimaan sumbangan Paslon nomor urut 1 dari pribadi calon Rp376.110.000 dan sumbangan dari perseorangan Rp145.625.000. Sedangkan untuk Paslon nomor 2 dan 3 masing-masing dari pribadi calonnya.

Dana kampanye ini sudah final, sehingga tidak ada lagi laporan dana kampanye tambahan jika ada. Pelaporan terakhir ditutup pada 31 Oktober 2020.

"Kegunaan dana kampanye ada periodenya sendiri. Sekarang baru tahapan pelaporan LPSDK," imbuhnya.

Diketahui, Khozanah Hidayati-Muhammad Anwar diusung PKB dengan perolehan 16 kursi, lalu Nasdem dengan dua kursi dan Hanura satu merapat sebagai partai pendukung. Kemudian Partai Gelora dan Perindo nonparlemen juga merapat.

Aditya Halindra Faridzki-Riyadi menjadi Cabup-cawabup pada Pilkada Tuban 2020 yang diusung Golkar, Demokrat, dan PKS, dengan perolehan total 15 kursi.

Sementara Setiajit-Armaya Mangkunegara (Setianegara) diusung PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, PPP dan PBB dengan total 16 kursi parlemen. [ali/ito]