Demi Tuban Setiajit Pensiun Dini

Reporter : Khoirul Huda

blokTuban.com – Demi untuk membangun tanah kelahirannya Tuban, calon Bupati (Cabup) Tuban Setiajit resmi pensiun dini sebagai aparatur sipil negara (ASN). 

Jabatan terakhir yang disandang adalah Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur Setiajit.

‘’Sebenarnya saya pensiun pada 2021 nanti. Tapi demi Tuban saya mengajukan pensiun dini,’’ ujar Setiajit Kamis (8/10/2020).

Dia mengatakan, komitmen untuk mundur lebih cepat dari ASN sudah dia tanamkan sejak awal. Ketika dia niat ingin maju dalam pilkada dengan tujuan mengabdikan dirinya untuk tanah kelahirannya, pria kelahiran Desa Tegalrejo Kecamatan Merakurak itu siap menanggalkan jabatannya.

Bahkan, dia mengajukan mundur lebih cepat dari seharusnya. Sesuai pengajuan pengunduran diri dari jabatan kepala dinas dan ASN pada Gubernur Jawa Timur, Setiajit terhitung pensiun sejak 1 Oktober kemarin. Hanya, sudah mengajukan mundur sejak 1 September atau maju satu bulan.

‘’Saya ingin segera fokus untuk Tuban. Karena itu, sejak September jabatan Kepala Dinas ESDM di Plt karena saya minta mundur lebih cepat,’’ jelasnya.

Padahal, kabar yang berkembang, bapak dua anak ini sempat bakal masuk bursa calon Sekda Provinsi.  Jika benar dia dicalonkan menjadi Sekdaprov masa pensiunnya bisa lebih lama lagi. Namun, semua itu siap ditinggalkan demi untuk maju dalam pilkada di Tuban. 

“Sejak awal saya akan mundur dari PNS, kalau sudah proses pendaftaran di KPU dimulai. Dan saya tunaikan janji itu,” kata Setiajit.

Sampai saat ini, mantan Penjabat Bupati Jombang ini menghitung dirinya sudah mengabdi pada negara sebagai ASN selama 37 tahun. Sebab, sejak tahun 1983 sudah menjadi PNS. Berbagai jabatan pernah dia sandang. Mulai kepala biro, kepala dinas hingga menjadi Pj Bupati Jombang dan Plt Bupati Bojonegoro. 

“Hitungan saya, sudah mengabdi sebagai ASN sekitar 37 tahun,” ujar mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemprov Jatim ini. 

Setiajit mengatakan, niat maju menjadi calon bupati di Pilkada Tuban sudah muncul sejak 10 tahun lalu. Kala itu, Setiajit kalah saat maju pada Pilkada Tuban tahun 2011.

Kali ini, Setiajit maju pilkada dengan modal 16 kursi. Yakni dari PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, PPP dan PBB. 

‘’Niat saya untuk maju Pilkada Tuban ini sudah bulat. Saya ingin membangun Tuban menjadi maju, unggul, sejahtera dan berkeadilan,’’ tandasnya.[hud/ono]