19:00 . Perangkat Desa dan Warga Jetak Antusias Ikuti Pelatihan Membatik   |   18:00 . Kemendag Jamin Ketersediaan Beras Selama Tahun 2021   |   16:00 . Katrol PAD Dari Reklame, Satpol PP Tuban Dorong Pemilik Untuk Urus Ijin   |   15:00 . Kejurprov Kickboxing Jatim 2021, Tuban Raih 3 Emas Dan 2 Perunggu   |   14:00 . SATPOL PP Tuban Tertibkan Reklame & Baliho Liar   |   10:00 . Satpol PP Tuban Tertibkan Reklame Tak Berizin   |   09:00 . Ajarkan Cintai Bumi, Sobat Bumi USB Gelar Edukasi dan Aksi Tanam Pohon   |   08:00 . Pengin Tahu ? Ini Tujuh Hal yang Mendorong Produk Lokal Berkembang di Era Digital   |   07:00 . Tingkatkan Kesehatan Tubuh dan Mental, Konsumsi 5 Makanan Ini!   |   17:00 . Berikut Tujuh Hal yang Dorong Produk Lokal Berkembang di Era Digital   |   15:00 . Polisi Selidiki Maling Kotak Amal di Masjid yang Terekam CCTV   |   14:00 . Cara Cepat Raih Keuntungan Lebih Banyak dalam Pembibitan Ikan Lele   |   13:00 . Hadir di Wisuda Sarjana IAINU Tuban, Begini Pesan Gus Reza   |   12:00 . Ulang Tahun blokTuban.com ke-6, CEO BMG Resmi Launching Tuban Digital Forum   |   11:00 . Visi Misi Bupati Tuban Halindra Berjalan, Petani Kolonial Mulai Produksi Pupuk Sendiri   |  
Thu, 02 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

DLH Akan Cek Limbah Pabrik yang Sebabkan Gatal-gatal Warga

bloktuban.com | Wednesday, 30 September 2020 12:00

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tuban akan menerjunkan tim untuk mengecek limbah pabrik pengolahan ikan yang menyebabkan gatal-gatal warga. Pabrik tersebut milik PT. Nasional Indo Mina berlokasi di Desa Boncong, Kecamatan Bancar Jalan Tuban-Semarang KM 41.

Kepala DLH Tuban, Bambang Irawan menjelaskan, timnya telah meninjau pabrik di Bancar beberapa waktu lalu. Tim melihat pihak pabrik telah memasang bak kontrol pembuangan limbang pengolahan ikan.

"Hanya saja bak kontrol tidak bisa kami buka karena sudah dibeton semua," ucap Bambang kepada blokTuban.com, Rabu (30/9/2020).

Bambang menambahkan, sebenarnya DLH ingin melihat sistem pengolahan limbah pabrik tersebut. Apakah sudah benar sesuai teknis atau belum, tapi dengan adanya bak kontrol paling tidak sudah ada upaya perusahaan untuk melakukan hal itu.

"Untuk izin pembuangan limbah ke laut memang kewenangan pusat dalam hal ini adalah Kementerian LHK," beber Bambang.

Persoalan limbah yang menyebabkan gatal-gatal warga Boncong, dia juga belum tahu apakah dari limbah pabrik tersebut apa tidak. Karena pada saat tim ke lokasi posisi tutup dan tidak operasi, sehingga tidak ada limbah yang keluar dari outlet pembuangan limbah.

Untuk bau memang layaknya pengolahan ikan pada umumnya. Paling penting bagaimana perusahan mengelola bau supaya tidak keluar ke pemukiman warga.

"Kalau masalah regulasi ada lengkap, tapi coba nanti kami akan cek kembali kondisi terakhir disana," janjinya.

Humas atau juru bicara pemilik pabrik PT. Nasional Indo Mina, Slamet Rahayu menjelaskan, manajemen sebenarnya sudah berupaya pengadaan ijin IPAL dan mesin pengolah limbah. Karena terbentur birokrasi, sehingga belum datang.

"Tuduhan kalau kami buang limbah di laut itu tidak benar. Hasil kesepakatan bersama warga, pabrik ditutup sesuai dengan perjanjian bersama," sambung perempuan yang akrab disapa Meli.

Diberitakan sebelumnya, warga Boncong mendemo pabrik ikan PT. Nasional Indo Mina pada Selasa (29/9/2020) sore. Tuntutan warga dipenuhi manajemen pabrik dengan menutup lokasi pengolahan ikan mulai tanggal 30 September 2020. [ali/rom]

Tag : dlh tuban, dinas lingkungan hidup, pabrik, limbah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more