Muscamlub, PPDI Kecamatan Soko Dibentuk

 

Reporter : M. Anang Febri

blokTuban.com - Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Tuban hari ini menggelar Musyawarah Kecamatan Luar Biasa (Muscamlub) di aula Balai Desa Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko, Minggu (23/8/2020).

Agenda yang dihadiri oleh segenap Perangkat Desa yang ada di Kecamatan Soko itu membahas tentang pembentukan Pengurus PPDI Kecamatan Soko periode 2020-2025. Pembentukan Pengurus PPDI Kecamatan Soko ini merupakan Muscamlub perdana, yang nantinya akan diikuti oleh 20 wilayah kecamatan lain se-Kabupaten Tuban.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Soko, Amiek Fadhori dalam hal ini berharap agar setelah dilakukan pembentukan pengurus PPDI Kecamatan Soko, bisa lebih memberikan manfaat kepada wilayah. Baik di lingkup desa maupun kecamatan.

"Bisa menjaga amanat amanat UUD 1945, menjalankan tupoksi, dan terus memberi suatu manfaat positif," pesan Amiek dalam sambutannya mengahadiri Muscamlub Pembentukan Pengurus PPDI Kecamatan Soko.

Lebih dari itu, Sekcam juga berharap agar PPDI Kecamatan Soko bisa dijaikan tolak ukur untuk perangkat desa se-Kabupaten Tuban, seperti dari aspek kedisiplinan, kinerja, dan hal lain yang mengacu pada tupoksi perangkat desa.

Prosesi Muscamlub pembentukan pengurus PPDI Kecamatan Soko pun dilakukan dengan pembacaan Anggaran Dasar /Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), dengan diikuti oleh segenap perangkat desa se-Kecamatan Soko yang hadir dalam kegiatan. Semua runtutan Muscamlub dilakukan dengan lancar disertai protokol kesehatan. Hasilnya, Bambang Extrada terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Pengurus PPDI Kecamatan Soko.

"Alhamdulillah Muscamlub lancar dan sukses. Kami salut dengan kehadiran perangkat desa di Kecamatan Soko, yang menuniukan masih kompak dan masih solid," ucap Ketua Panitia Penyelenggara Pembentukan Pengurus PPDI Kecamatan Soko, Syaiful Arif.

Sementara itu, Ketua PPDI Kabupaten Tuban, H. Sutoyo M. Muslih mengungkapkan, bahwa pembentukan PPDI Kecamatan Soko kiranya menjadi barometer bagi wilayah lain. Kecamatan Soko yang merupakan wilayah kecamatan terbesar ke-2 setelah Kecamatan Bancar, dapat menunjukkan kekompakan dan kebersamaan perangkat desa yang begitu luar biasa.

"Harapan kita ke depan, program yang dilakukan oleh kabupaten selalu include dilakukan pada tingkat kecamatan. Siapapun yang terpilih sebagai pengurus PPDI, bisa saling mendukung satu sama lain. Agar terbentuk hubungan antara perangkat desa yang harmonis," paparnya.

Selanjutnya, Muscamlub pembentukan pengurus PPDI pada tingkat kecamatan bakal dilakukan di sejumlah kecamatan secara bergantian, sesuai kesiapan. Adanya PPDI tingkat kecamatan diharapkan bisa meningkatkan kerukunan antar perangkat desa, kompak, harmonis, dengan mengedepankan tugas-tugas di pemerintahan desa. [feb/col]