18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |   18:00 . Capaian Vaksin Booster di Tuban 34,42%   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Demo Pemkab, Ratusan Pekerja Minta Swabina Gatra Bayar Sisa Upah Pekerja

bloktuban.com | Thursday, 13 August 2020 13:00

Demo Pemkab, Ratusan Pekerja Minta Swabina Gatra Bayar Sisa Upah Pekerja

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ratusan pekerja yang tergabung dalam Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menggelar aksi demo di depan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Kamis (13/8/2020).

Dalam aksi tersebut, ratusan pekerja menyuarakan beberapa poin tuntutan di antaranya:

PT. Swabina Gatra membayar sisa upah lembur istirahat mingguan pekerja sektor PGO yang belum terselesaikan.  Kembalikan Shif kerja ke-9 pekerja yang dinon shifkan seperti semula. 

Juga Mujiyono harus dilembalikan bekerja sesuai dengan Skill (Driver). PT. Semen Indonesia harus menindak tegas PT. Swabina Gatra yang telah mengabaikan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bupati dengan kewenangannya wajib menyelesaikan perselisihan yang ditimbulkan PT. Swabina Gatra serta DPRD selaku Wakil Rakyat wajib membela dan menyelesaikan persoalan di sektor PGO.

"Jadi, aksi ini kami menuntut PT. Swabina Gatra membayar sisa upah lembur pekerja mulai bulan Januari-Juli. Terkait upaya diskriminasi oleh PT. Swabina Gatra kepada 9 pekerja yang dinonshifkan selama 6 bulan,’’ ujar  Ketua Konsulat Cabang FSPMI Tuban, Duraji usai ditemui Kabid Hubungan Industrial Dinas PTSP dan Naker Kabupaten Tuban.

Selain itu, Mujiyono yang dipindah kerjakan dari driver menjadi tenaga kerja helper juga dikembalikan ke posisi pekerjaan semula.

Duraji menambahkan, jika dalam aksi ini pihaknya juga telah ditemui oleh perwakilan dari PT. Semen Indonesia yang mana akan membantu memfasilitasi agar permasalahan ini segera selesai.

"Tadi kita juga sudah ditemui oleh PT. Semen Indonesia dan PT Semen Indonesia akan membantu dan memfasilitasi permasalahan ini agar cepat selesai dalam kurun waktu satu minggu," tandas Duraji.

Dia berharap, setelah adanya aksi ini ada langkah konkrit dari Pemkab Tuban agar tidak terjadi lagi persoalan seperti ini.

Di tempat yang sama, Kabid Hubungan Industrial Dinas PTSP dan Naker, Wadiono menyampaikan jika permasalahan ini sudah berlangsung lama yakni, sejak surat dari FSPMI tertanggal 17 Juni 2020 yang diterima oleh Dinas PTSP dan Naker Kabupaten Tuban.

"Sebenarnya permasalahan ini sudah lama mulai mereka membuat surat 17 Juni 2020. Kami pelajari berkasnya memang belum lengkap. Sehingga mereka kami panggil pada 2 Juli dan kami fasilitasi serta minta klarifikasi untuk mengetahui permasalahan sebenarnya itu seperti apa," terang Wadiono.

Wadiono menambahkan telah memberikan tenggang waktu hingga 16 Juli. Namun hingga saat ini kedua belah pihak belum mengirimkan data ke Dinas PTSP dan Naker Kabupaten Tuban.

Maka dari itu, pihaknya hingga kini masih menunggu berkas dari kedua belah pihak agar secepatnya dikirim ke Dinas. Guna untuk acuan untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Sementara itu, Senior Manager of Public Relation dan AMP CSR PT. Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo menyampaikan, akan segera menyampaikan tuntutan para pendemo ini kepada pimpinan.

"Ya aspirasi sudah kami terima, selanjutnya akan seger kami sampaikan ke pimpinan," jelas Setiawan.

Lebih lanjut, persoalan ini memang terjadi pada PT. Swabina Gatra yang tidak lain adalah anak perusahaan PT. Semen Indonesia, sehingga PT. SI akan mencari solusi yang terbaik untuk menyelesaikan masalah ini.[hud/ono]

 

Tag : demo, tenagakerja, swabinagatra



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat